SMK Grafika Tangerang

Victoria Suryatmi

SMK Grafika Tangerang adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Tangerang, Banten. Sekolah ini memiliki fokus dalam bidang desain grafis dan multimedia. Dengan kurikulum yang dapat mempersiapkan siswa untuk bekerja di industri kreatif, SMK Grafika Tangerang menjadi tempat yang ideal bagi mereka yang memiliki minat dalam seni dan desain.

Program Keahlian

SMK Grafika Tangerang menawarkan beberapa program keahlian yang terkait dengan desain grafis dan multimedia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Desain Grafis
    Program keahlian ini memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain grafis menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDRAW. Siswa akan mempelajari konsep dasar desain, manipulasi gambar, layout, dan tipografi. Mereka juga akan diajarkan tentang komunikasi visual dan estetika desain.

  2. Multimedia
    Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan dalam pengolahan media digital. Siswa akan belajar tentang animasi, video editing, pengembangan web, dan penggunaan perangkat lunak seperti Adobe Premiere, Adobe After Effects, dan Adobe Dreamweaver. Program ini memberikan dasar yang kuat dalam produksi media digital.

Fasilitas

SMK Grafika Tangerang menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan siswa dalam bidang desain grafis dan multimedia. Beberapa fasilitas yang tersedia di SMK Grafika Tangerang antara lain:

  1. Laboratorium Desain Grafis
    Laboratorium ini dilengkapi dengan komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak desain grafis terkini. Siswa dapat menggunakan komputer ini untuk praktik langsung dalam membuat karya desain grafis mereka sendiri.

  2. Studio Fotografi
    SMK Grafika Tangerang juga memiliki studio fotografi yang dilengkapi dengan peralatan fotografi yang lengkap. Siswa dapat mempelajari teknik pemotretan, pencahayaan, dan pengolahan gambar di ruang ini.

  3. Ruang Multimedia
    Ruang multimedia yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru tersedia bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam pengolahan media digital dan presentasi.

BACA JUGA:   Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mutiara Jaya

Kerjasama Industri

SMK Grafika Tangerang memiliki kerjasama dengan industri desain grafis dan multimedia. Hal ini memberikan siswa kesempatan untuk terlibat dalam proyek nyata dan mendapatkan pengalaman praktik yang berharga. Beberapa kerjasama industri yang telah dijalin oleh SMK Grafika Tangerang adalah:

  1. Magang Industri
    Siswa akan diberikan kesempatan untuk magang di perusahaan desain grafis dan multimedia untuk memperoleh pengalaman langsung dalam bekerja di industri tersebut. Magang ini juga dapat menjadi kesempatan untuk membangun jaringan profesional.

  2. Kuliah Tamu
    SMK Grafika Tangerang sering mengundang profesional industri untuk memberikan kuliah tamu kepada siswa. Hal ini memberikan wawasan tambahan mengenai perkembangan terkini di industri desain grafis dan multimedia.

Sekolah menengah kejuruan seperti SMK Grafika Tangerang merupakan tempat yang ideal bagi siswa yang memiliki minat dalam seni dan desain. Mereka dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam desain grafis dan multimedia melalui program keahlian yang ditawarkan. Dengan fasilitas yang lengkap dan kerjasama industri yang kuat, SMK Grafika Tangerang dapat memberikan siswa persiapan yang baik untuk memasuki dunia kerja di bidang desain grafis dan multimedia.

Also Read

Bagikan: