SD Negeri 1 Sumberejo

Ella Winarsih

Pendahuluan

SD Negeri 1 Sumberejo adalah sebuah sekolah dasar di wilayah Sumberejo. Sekolah ini menyediakan pendidikan dasar bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek tentang SD Negeri 1 Sumberejo.

Lokasi

SD Negeri 1 Sumberejo terletak di wilayah Sumberejo. Sumberejo sendiri merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten XYZ. Kepemilikan sekolah ini berada di bawah tanggung jawab pemerintah setempat.

Fasilitas

SD Negeri 1 Sumberejo dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran bagi siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Ruang Kelas: Terdapat beberapa ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas belajar yang memadai.
  2. Perpustakaan: SD Negeri 1 Sumberejo memiliki perpustakaan yang cukup lengkap dengan buku-buku referensi dan cerita yang bervariasi.
  3. Laboratorium: Disediakan laboratorium untuk kegiatan praktik pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam dan matematika.
  4. Lapangan Olahraga: Terdapat lapangan yang luas untuk kegiatan olahraga siswa.
  5. Ruang Serbaguna: Digunakan sebagai ruang pertemuan atau kegiatan ekstrakurikuler.

Kurikulum

SD Negeri 1 Sumberejo mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum tersebut mencakup berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Seni, dan Pendidikan Jasmani. Selain mata pelajaran akademik, sekolah ini juga memberikan perhatian pada pendidikan karakter dan pengembangan potensi siswa.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SD Negeri 1 Sumberejo menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk melengkapi pendidikan siswa di luar jam pelajaran. Beberapa kegiatan yang tersedia antara lain:

  1. Pramuka: Siswa dapat bergabung dengan kegiatan pramuka untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kegiatan alam terbuka.
  2. Seni: Terdapat kelompok seni yang melakukan kegiatan seperti tari, musik, dan seni rupa.
  3. Paskibra: Bagi siswa yang tertarik dengan tugas dan tanggung jawab dalam upacara, mereka dapat bergabung dengan anggota Paskibra sekolah.
  4. Olahraga: SD Negeri 1 Sumberejo juga memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan renang.
BACA JUGA:   Pesantren di BSD Serpong

Partisipasi Komunitas

SD Negeri 1 Sumberejo juga mengajak masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dalam beberapa acara seperti peringatan hari besar dan kegiatan penggalangan dana, sekolah ini melibatkan masyarakat secara aktif. Tujuan dari partisipasi ini adalah untuk mempererat hubungan antara sekolah, siswa, dan orang tua dalam memastikan kesuksesan pendidikan siswa.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang SD Negeri 1 Sumberejo. Sekolah ini memiliki lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar siswa. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler dan partisipasi komunitas menjadi bagian penting dalam pengembangan siswa di SD Negeri 1 Sumberejo.

Also Read

Bagikan: