SMK PGRI 31 Legok

Ella Winarsih

SMK PGRI 31 Legok adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Legok, Tangerang. Sekolah ini merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki fokus pada kejuruan dan siap membekali siswa-siswinya dengan keterampilan-keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Program Keahlian

SMK PGRI 31 Legok menawarkan berbagai program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi saat ini. Beberapa program keahlian yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
    Program keahlian ini mengajarkan siswa mengenai pemrograman, instalasi jaringan komputer, perakitan komputer, dan administrasi sistem jaringan. Dalam program ini, siswa akan diajarkan mengenai pemrograman dasar, perawatan dan perbaikan perangkat keras komputer, serta pengoperasian jaringan komputer.

  2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    Program keahlian ini membekali siswa dengan keterampilan dalam mengembangkan perangkat lunak, termasuk membuat dan menguji aplikasi berbasis web dan mobile. Siswa akan belajar mengenai pemrograman, analisis kebutuhan perangkat lunak, dan pengembangan aplikasi berbasis database.

  3. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
    Program keahlian ini mengajarkan siswa mengenai pengelolaan administrasi perkantoran, termasuk penggunaan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, administrasi umum, dan pengelolaan data. Siswa juga akan dilatih dalam komunikasi bisnis dan pelayanan konsumen.

  4. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APH)
    Program keahlian ini membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan hasil pertanian. Siswa akan belajar mengenai teknik pengolahan makanan, pengemasan, serta analisis produk pertanian.

Sarana dan Prasarana

SMK PGRI 31 Legok memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan kemampuan siswa. Beberapa sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini di antaranya:

  1. Ruang Kelas
    Setiap program keahlian memiliki ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas belajar seperti meja dan kursi yang nyaman, proyektor, dan papan tulis.

  2. Laboratorium Komputer
    SMK PGRI 31 Legok memiliki laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat komputer modern dan jaringan internet. Hal ini memungkinkan siswa untuk melakukan praktik pemrograman dan pengelolaan jaringan komputer dengan baik.

  3. Laboratorium Perangkat Lunak
    Program keahlian RPL dilengkapi dengan laboratorium perangkat lunak yang dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak pengembangan aplikasi, seperti Visual Studio dan Android Studio. Siswa dapat mengembangkan aplikasi secara praktis dan mendalam di laboratorium ini.

  4. Greenhouse dan Pabrik Pengolahan
    Program keahlian APH memiliki fasilitas greenhouse untuk penanaman tanaman pertanian dan pabrik pengolahan untuk mengolah hasil pertanian. Siswa dapat belajar dan berlatih langsung dalam pengolahan makanan dan pembuatan produk pertanian.

BACA JUGA:   Biaya SD Ar Rafi Bandung

Ekstrakurikuler

Selain program keahlian, SMK PGRI 31 Legok juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang melengkapi pengembangan siswa dalam bidang non-akademis. Beberapa ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Pramuka
  2. Basket
  3. Futsal
  4. Voli
  5. Band
  6. Paduan Suara
  7. Teater

Kerjasama dengan Industri

SMK PGRI 31 Legok menjalin kerjasama dengan berbagai industri terkait untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa. Kerjasama ini meliputi magang industri, kunjungan industri, serta pelaksanaan proyek bersama. Hal ini bertujuan agar siswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang dunia kerja dan mempersiapkan mereka secara nyata untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai setelah lulus.

Dengan program keahlian yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai, serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung, SMK PGRI 31 Legok menjadi pilihan yang tepat bagi siswa yang tertarik meniti karir di bidang kejuruan.

Also Read

Bagikan: