SMK Jurusan Tata Rias

Victoria Suryatmi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sebuah lembaga pendidikan menengah yang menyediakan program kejuruan bagi siswa untuk memperoleh keterampilan praktis dalam bidang tertentu. Salah satu jurusan yang ditawarkan oleh SMK adalah Jurusan Tata Rias.

Deskripsi Jurusan Tata Rias

Jurusan Tata Rias bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan siswa dalam bidang kecantikan dan tata rias. Melalui program ini, siswa akan mempelajari berbagai teknik kosmetik, rias wajah, perawatan kulit, pemilihan busana, dan tata rambut.

Kurikulum

Kurikulum dalam Jurusan Tata Rias memadukan mata pelajaran teori dengan praktek langsung. Beberapa mata pelajaran yang diambil oleh siswa termasuk:

  1. Anatomi dan Fisiologi Kulit: Siswa akan belajar tentang struktur kulit dan bagaimana kulit berfungsi. Pengetahuan ini diperlukan untuk memahami berbagai teknik perawatan dan aplikasi makeup yang aman dan efektif.

  2. Teknik Rias Wajah: Siswa akan mempelajari berbagai teknik rias wajah, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk acara khusus seperti pernikahan atau pertunjukan. Mereka akan belajar tentang pemilihan dan penggunaan produk kosmetik, serta teknik pengaplikasian yang tepat.

  3. Perawatan Kulit: Siswa akan diajarkan bagaimana merawat berbagai jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Mereka akan mempelajari prosedur pembersihan kulit, facial, dan teknik perawatan lainnya seperti peeling, masker, dan hidrasi kulit.

  4. Tata Rias Panggung dan Pertunjukan: Siswa akan belajar tentang tata rias untuk panggung dan pertunjukan seperti teater, ballet, dan opera. Mereka akan mempelajari teknik pengaplikasian makeup untuk menciptakan tampilan yang dramatis, baik untuk para aktor maupun penari.

  5. Tata Rias Pengantin: Siswa akan diajarkan teknik tata rias khusus untuk acara pernikahan. Mereka akan mempelajari pemilihan warna makeup yang cocok dengan tema pernikahan, pengaplikasian makeup tahan lama, dan teknik tata rias rambut untuk pengantin.

BACA JUGA:   Bimbel di Bekasi

Peluang Karir

Lulusan Jurusan Tata Rias memiliki peluang karir yang luas di industri kecantikan dan mode. Beberapa bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan ini antara lain:

  1. Makeup Artist: Lulusan dapat bekerja sebagai makeup artist profesional, baik di salon kecantikan, studio foto, atau untuk acara khusus seperti pernikahan.

  2. Beauty Consultant: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan kecantikan, memberikan saran dan rekomendasi produk serta perawatan kulit kepada pelanggan.

  3. Tata Rias Panggung: Lulusan dapat bekerja di industri pertunjukan, seperti teater, ballet, atau opera, membantu para aktor dan penari tampil dengan penampilan yang sesuai dengan karakter mereka.

  4. Pembawa Acara Televisi: Lulusan dapat bekerja sebagai pembawa acara televisi atau selebriti, karena mereka memiliki keahlian dalam tata rias dan penampilan yang menarik.

Kesimpulan

Jurusan Tata Rias pada SMK menawarkan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang kecantikan. Dengan kombinasi mata pelajaran teori dan praktek langsung, siswa dapat siap untuk memasuki dunia kerja di industri kecantikan atau melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Also Read

Bagikan: