SMK Jurusan Perkantoran

Elvina Rahimah

Pengantar

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Jurusan Perkantoran merupakan salah satu jenis program pendidikan menengah kejuruan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan di Indonesia. Jurusan ini memberikan pelatihan khusus dalam bidang administrasi dan manajemen kantor.

Deskripsi Jurusan Perkantoran

Jurusan Perkantoran adalah sebuah jurusan yang mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam berbagai jenis perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pendidikan dan keterampilan administrasi yang kuat. Para siswa yang memilih jurusan ini akan mendapatkan pelatihan teoritis dan praktis dalam berbagai aspek administrasi dan manajemen kantor.

Kurikulum dan Mata Pelajaran

Kurikulum di SMK Jurusan Perkantoran didesain untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja di bidang administrasi perkantoran. Mata pelajaran yang diajarkan di jurusan ini antara lain:

  1. Administrasi Perkantoran: meliputi pengenalan tentang sistem dan prosedur administrasi, manajemen arsip, dan pengorganisasian data kegiatan perkantoran.
  2. Komputerisasi Kantor: meliputi penggunaan perangkat lunak perkantoran seperti Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) dan aplikasi keuangan serta sistem basis data.
  3. Komunikasi Bisnis: meliputi keterampilan berkomunikasi secara profesional dalam situasi kerja, korespondensi bisnis, dan presentasi.
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia: meliputi pengenalan tentang perekrutan, pelatihan, evaluasi kinerja, dan manajemen konflik.
  5. Bahasa Asing: biasanya Bahasa Inggris, yang penting dalam komunikasi internasional dan dalam bekerja dengan perusahaan asing.
  6. Administrasi Pemasaran: meliputi pengenalan tentang pemasaran produk atau jasa, penjualan, dan strategi pemasaran.
  7. Bisnis Online dan E-Commerce: meliputi pengenalan tentang pemasaran dan perdagangan melalui platform online.

Selain mata pelajaran inti, siswa juga akan dilibatkan dalam pelatihan praktik yang terkait dengan administrasi perkantoran seperti pengetikan cepat, penanganan panggilan telepon, dan pelayanan pelanggan.

BACA JUGA:   Pondok Pesantren di Serang, Banten

Prospek Karir

Lulusan SMK Jurusan Perkantoran memiliki peluang karir yang luas di industri mana pun yang memerlukan keterampilan administratif. Beberapa contoh pekerjaan yang dapat dijalani oleh lulusan dari jurusan ini antara lain:

  1. Staff Administrasi: bertanggung jawab untuk melakukan tugas administratif harian seperti memproses surat masuk dan surat keluar, memelihara arsip, dan menghadiri pertemuan.
  2. Asisten Manajer: membantu manajer dalam mengatur jadwal, membuat laporan, dan mengambil keputusan terkait kegiatan perkantoran.
  3. Sekretaris: bertugas untuk mengatur janji, mengatur perjalanan, dan memberikan dukungan administratif kepada manajer atau tim.
  4. Staf Pemasaran: membantu dalam penyusunan dan implementasi strategi pemasaran, mengelola database pelanggan, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
  5. Staff Keuangan: bertanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan atau organisasi, termasuk memproses tagihan, mengelola pembayaran, dan menyusun laporan keuangan.

Kesimpulan

SMK Jurusan Perkantoran menawarkan pelatihan yang tepat dan relevan untuk siswa yang berminat dalam karir administrasi perkantoran. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan administratif dan manajemen, lulusan dari jurusan ini memiliki peluang besar untuk sukses dalam berbagai bidang industri.

Also Read

Bagikan: