Budaya Kebudayaan Abris Sous Roche

Ella Winarsih

Budaya kebudayaan abris sous roche merupakan bagian penting dari sejarah manusia purba. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang abris sous roche, arti dan pentingnya dalam budaya manusia purba.

Apa itu Abris Sous Roche?

Abris sous roche adalah istilah dalam bahasa Prancis yang berarti "berlindung di bawah rongga batu" atau "guha". Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tempat-tempat perlindungan yang dibuat oleh manusia purba di bawah rongga batu. Tempat ini sering ditemukan di tebing atau goa, dan memberikan perlindungan dari cuaca buruk, hewan liar, dan musuh.

Pentingnya Abris Sous Roche dalam Budaya Manusia Purba

  1. Perlindungan Fisik: Abris sous roche memberikan perlindungan fisik kepada manusia purba dari kondisi alam yang tidak menguntungkan. Dapat berfungsi sebagai tempat tinggal, mereduksi risiko serangan predator, serta melindungi mereka dari hujan, angin, atau panas yang berlebihan.

  2. Tempat Tinggal: Abris sous roche juga berfungsi sebagai tempat tinggal atau pemukiman manusia purba. Mereka dapat membangun tempat tidur, seperti alas dari ranting atau kulit binatang, di dalam gua. Dalam beberapa kasus, mereka juga membuat api dan perkakas untuk keperluan sehari-hari di dalam gua tersebut.

  3. Seni Purbakala: Di banyak abris sous roche, ditemukan gambar-gambar kuno yang diukir atau dilukis pada dinding gua. Gambar-gambar ini memberikan bukti tentang seni pertama manusia purba. Mereka menggambarkan kehidupan mereka, binatang yang mereka buru, serta ritual keagamaan atau kepercayaan mereka.

  4. Penemuan Arkeologi: Abris sous roche sering menjadi situs arkeologi yang kaya akan bukti-bukti sejarah manusia purba. Saat dilakukan penelitian dan penggalian, arkeolog dapat menemukan artefak, alat-alat kerja, dan sisa-sisa manusia yang membantu kita memahami lebih dalam tentang kebudayaan manusia purba.

BACA JUGA:   Pengaruh Kebudayaan Dongson dari Vietnam terhadap Kebudayaan Praaksara di Indonesia

Contoh Abris Sous Roche Terkenal

  1. Lascaux, Prancis: Lascaux merupakan salah satu contoh terkenal dari abris sous roche. Terletak di Dordogne, Prancis, gua ini dihiasi dengan lukisan-lukisan rupestre yang sangat akurat dan mengesankan. Lukisan-lukisan di Lascaux memberikan pandangan unik tentang kehidupan manusia purba dalam periode Paleolitikum.

  2. Altamira, Spanyol: Altamira juga merupakan contoh penting dari abris sous roche. Terletak di Cantabria, Spanyol, gua ini memiliki dinding yang dihiasi dengan lukisan-lukisan binatang seperti bison, kuda, dan babi hutan. Lukisan-lukisan tersebut memberikan gambaran indah tentang kehidupan manusia purba di wilayah tersebut.

Kesimpulan

Budaya kebudayaan abris sous roche merupakan bagian integral dari sejarah manusia purba. Abris sous roche memberikan perlindungan, tempat tinggal, serta menjadi saksi bisu seni pertama dan penemuan arkeologi. Contoh-contoh terkenal seperti Lascaux dan Altamira memberikan wawasan yang mendalam tentang kehidupan manusia purba. Melalui pemahaman akan abris sous roche, kita dapat lebih menghargai dan mempelajari kebudayaan manusia purba yang telah berkontribusi dalam perkembangan kita sebagai manusia modern.

Also Read

Bagikan: