Pulau Tempat Suku Sunda Terletak

Ella Winarsih

Suku Sunda, yang juga dikenal sebagai orang Sunda, merupakan salah satu kelompok etnis yang tinggal di Indonesia. Mereka umumnya tinggal di provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Namun, keberadaan suku Sunda juga dapat ditemui di luar wilayah tersebut.

Pulau Jawa

Suku Sunda dan Pulau Jawa

Pulau Jawa, yang terletak di sebelah barat pulau Bali, adalah pulau tempat mayoritas suku Sunda berada. Pulau Jawa sendiri merupakan pulau terpadat penduduknya di Indonesia, dengan ibu kota Jakarta yang terletak di sebelah barat pulau ini. Provinsi Jawa Barat, yang berada di bagian barat Pulau Jawa, adalah pusat dari budaya Sunda.

Pulau Sumatera

Selain di Pulau Jawa, suku Sunda juga dapat ditemui di beberapa wilayah di Pulau Sumatera. Meskipun jumlah mereka tidak sebanyak di Pulau Jawa, mereka tetap mempertahankan budaya dan bahasa Sunda mereka. Beberapa daerah di Sumatera, seperti Bengkulu, Lampung, dan Riau, memiliki komunitas suku Sunda yang signifikan.

Wilayah Lain di Indonesia

Selain di Jawa dan Sumatera, terdapat juga komunitas suku Sunda yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Misalnya, sejumlah kecil suku Sunda dapat ditemukan di Kalimantan Barat, yang berbagi perbatasan dengan provinsi Jawa Barat. Demikian pula, ada juga komunitas Sunda yang tinggal di sejumlah kecil di Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Kesimpulan

Secara umum, suku Sunda terletak di Pulau Jawa, yang merupakan pusat dari budaya dan wilayah keberadaan mereka. Namun, mereka juga dapat ditemui di wilayah lain di Indonesia, termasuk di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, serta beberapa wilayah di Sulawesi dan Nusa Tenggara. Kehadiran suku Sunda di tempat-tempat ini menunjukkan sebaran yang luas dan multikultural dalam keanekaragaman etnis Indonesia.

BACA JUGA:   3 Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Also Read

Bagikan: