Wujud Kebudayaan Dongson pada Peninggalan

Darma Kai

Dongson adalah sebuah kebudayaan zaman perunggu yang berkembang di wilayah Asia Tenggara, terutama di wilayah Vietnam, pada sekitar abad ke-6 hingga ke-3 SM. Kebudayaan ini mendapat namanya dari salah satu situs arkeologi yang menjadi tempat ditemukannya artefak dan peninggalan kebudayaan ini, yaitu situs Dongson di dekat ibukota Vietnam, Hanoi.

Wujud kebudayaan Dongson dapat ditemui pada berbagai peninggalan yang ditemukan, termasuk:

  1. Arca dan Prasasti: Salah satu peninggalan kebudayaan Dongson yang paling terkenal adalah arca-arca perunggu yang dihasilkan pada masa itu. Arca-arca Dongson umumnya menggambarkan tokoh-tokoh kepala anjing atau kepala manusia dengan berbagai detail yang halus. Prasasti-prasasti yang ditemukan juga sering kali mengandung informasi penting mengenai kehidupan masyarakat Dongson pada masa itu.

  2. Alat Pertanian: Peninggalan berupa alat pertanian seperti cangkul, sabit, dan parang adalah bukti bahwa masyarakat Dongson telah menerapkan pertanian sebagai salah satu kegiatan utama mereka. Alat-alat pertanian ini terbuat dari perunggu yang diperkirakan telah digunakan secara luas dalam proses produksi bahan pangan pada masa itu.

  3. Alat Pemukul dan Senjata: Kebudayaan Dongson juga terkenal karena kemahirannya dalam pembuatan alat pemukul dan senjata. Peninggalan berupa alat pemukul seperti gong, lonceng, dan tambur serta senjata seperti tombak, pedang, dan perisai adalah contoh nyata dari keahlian mereka dalam mengolah logam. Alat pemukul tersebut biasanya digunakan dalam upacara keagamaan dan pertunjukan musik tradisional.

  4. Kapal Perunggu: Peninggalan yang paling menonjol dan menjadi ikon kebudayaan Dongson adalah kapal perunggu. Kapal-kapal perunggu ini sangat besar dan rumit, menunjukkan keterampilan teknis masyarakat Dongson dalam pembuatan dan bahan konstruksi yang digunakan. Kapal-kapal ini digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti perjalanan perdagangan, pelayaran, dan pelayaran upacara keagamaan.

  5. Perhiasan dan Perabot: Kebudayaan Dongson juga dikenal sebagai pembuat perhiasan dan perabot rumah tangga yang indah. Peninggalan berupa perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan hiasan kepala serta perabot seperti tempat penyimpanan dan wadah makanan terbuat dari perunggu mengungkapkan tingkat perkembangan seni dan keahlian pengerjaan logam mereka.

BACA JUGA:   Kebudayaan Hindu Buddha: Perjalanan Spiritual dari India ke Asia Tenggara

Seluruh peninggalan tersebut merupakan bukti konkret tentang kehidupan dan kebudayaan masyarakat Dongson pada masa lalu. Mereka menunjukkan pencapaian yang signifikan dalam bidang seni, pertanian, industri logam, serta kemahiran dalam kegiatan perdagangan dan pelayaran. Melalui peninggalan-peninggalan tersebut, kita dapat mengenal dan mencoba memahami eksistensi kebudayaan Dongson yang kaya dan maju pada masa lampau.

Also Read

Bagikan: