Kebudayaan Abris Sous Roche pada Masa Mesolitikum

Ella Winarsih

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan salah satu kebudayaan yang muncul pada masa Mesolitikum. Masa Mesolitikum sendiri merupakan periode transisi antara kehidupan pemukim berburu dan mengumpulkan (masyarakat Paleolitikum) dengan kehidupan pertanian (masyarakat Neolitikum).

Latar Belakang

Pada masa Mesolitikum, manusia mulai mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam dalam bertahan hidup. Mereka mulai mengenal teknik dan alat-alat yang lebih maju, terutama dalam kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan. Salah satu tempat yang menjadi fokus aktivitas manusia pada masa ini adalah abris sous roche.

Abris Sous Roche

Abris sous roche adalah jenis tempat perlindungan alami yang terbentuk di bawah tebing, biasanya di pegunungan atau dataran tinggi. Tempat ini memberikan perlindungan dari cuaca buruk seperti hujan, salju, atau panas terik matahari. Abris sous roche juga memberikan akses yang mudah ke sumber air dan sumber daya lainnya, seperti hewan buruan dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan suatu periode dalam sejarah manusia di mana abris sous roche digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berkumpul oleh komunitas manusia pada masa Mesolitikum. Dalam kebudayaan ini, manusia mulai dapat mengatur dan mengelola sumber daya alam dengan lebih baik.

Dalam kebudayaan Abris Sous Roche, manusia mengembangkan teknologi dan alat-alat yang lebih maju dibandingkan dengan masa Paleolitikum. Mereka menggunakan batu, tulang, dan tanduk hewan untuk membuat alat-alat berburu seperti tombak, panah, dan kapak. Mereka juga mengenal teknik memancing dan meramu makanan yang beragam.

Selain itu, kebudayaan Abris Sous Roche juga dikenal dengan seni dinding gua yang indah. Di dalam abris sous roche, manusia pada masa Mesolitikum menggambarkan kehidupan sehari-hari mereka dengan melukis di dinding gua. Gambar-gambar ini menunjukkan kegiatan berburu, tarian, dan ritual keagamaan yang dilakukan oleh komunitas mereka.

BACA JUGA:   Kebudayaan adalah Bagian Panca Dharma

Pentingnya Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan titik balik penting dalam evolusi manusia. Pada masa Mesolitikum, manusia mulai mengembangkan keterampilan yang lebih maju dalam bertahan hidup. Mereka belajar memanfaatkan sumber daya alam dengan cermat, mengembangkan teknologi dan alat yang lebih efisien, serta menghias lingkungannya dengan seni dinding gua.

Selain itu, kebudayaan Abris Sous Roche juga menjadi saksi perubahan sosial dalam kehidupan manusia. Manusia mulai hidup dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, dengan struktur sosial dan pembagian tugas yang lebih kompleks. Mereka juga mulai mengembangkan sistem komunikasi dan bahasa yang lebih maju, memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dalam berburu dan mengumpulkan makanan.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche pada masa Mesolitikum merupakan periode penting dalam sejarah manusia. Dalam kebudayaan ini, manusia mulai menunjukkan kemajuan dalam teknologi, seni, dan organisasi sosial. Mereka mengembangkan alat-alat dan teknik yang lebih canggih dalam berburu dan mengumpulkan makanan, dan menggunakan seni dinding gua untuk merepresentasikan kehidupan mereka.

Kebudayaan Abris Sous Roche juga menjadi fondasi bagi kebudayaan Neolitikum yang lebih maju, di mana manusia mulai terlibat dalam pertanian dan bertempat tinggal tetap. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari kebudayaan Abris Sous Roche sebagai salah satu fase penting dalam perjalanan evolusi manusia.

Also Read

Bagikan: