Makam Darul Hijrah Surabaya: Mengenal Sejarah dan Keistimewaannya

Victoria Suryatmi

Makam Darul Hijrah Surabaya

Makam Darul Hijrah Surabaya, juga dikenal sebagai Makam KH. Maghribi, merupakan salah satu tempat ziarah yang terkenal di Surabaya. Makam ini memiliki sejarah yang kaya dan banyak dikunjungi oleh umat Muslim yang ingin berdoa dan menghormati ulama yang telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya dan sekitarnya.

Sejarah Makam Darul Hijrah Surabaya

Makam Darul Hijrah Surabaya didirikan pada tahun 1933 oleh KH. Maghribi Abdul Wahab yang merupakan salah satu tokoh agama yang sangat berpengaruh di Surabaya saat itu. KH. Maghribi adalah keturunan dari Umar bin Abdul Aziz, penguasa keempat Kekhalifahan Abbasiyah.

Makam ini awalnya adalah kompleks pemakaman keluarga yang kemudian dijadikan sebagai tempat ziarah oleh masyarakat umum. Selain KH. Maghribi, di makam ini juga terdapat makam-makam ulama dan tokoh agama lainnya yang telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Keistimewaan Makam Darul Hijrah Surabaya

Ada beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik utama dari Makam Darul Hijrah Surabaya:

  1. Keberadaan KH. Maghribi: KH. Maghribi adalah tokoh agama yang dihormati dan dianggap sebagai salah satu ulama besar di Surabaya. Banyak umat Islam datang ke makam ini untuk berdoa dan menghormati jasa-jasanya.

  2. Sejarah Keluarganya: Makam Darul Hijrah juga menjadi tempat pemakaman keluarga KH. Maghribi. Ini menambah nilai sejarah dan memperkaya pengetahuan kita tentang keluarga ulama Surabaya pada masa lampau.

  3. Keindahan dan Ketenangan: Makam Darul Hijrah Surabaya terletak di lingkungan yang tenang dan hijau. Dikelilingi oleh pohon-pohon dan pepohonan, tempat ini memberikan suasana yang damai dan cocok untuk beristirahat, berdoa, dan merenung.

  4. Ziarah dan Berkunjung: Banyak umat Muslim yang datang ke makam ini untuk berziarah dan berdoa. Selain itu, makam ini juga sering dikunjungi oleh orang-orang yang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan Islam.

BACA JUGA:   SDIT Tasikmalaya

Kesimpulan

Makam Darul Hijrah Surabaya merupakan sebuah tempat ziarah yang memiliki sejarah yang kaya dan keistimewaan yang menarik. Sebagai salah satu kekayaan budaya Surabaya, makam ini merupakan tempat yang penting bagi umat Muslim dan para pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan nilai-nilai Islam di Surabaya.

Also Read

Bagikan: