Kebudayaan Hindu-Buddha yang Masih Ada Sampai Sekarang

Clara Hassanah

Kebudayaan Hindu-Buddha masih memiliki pengaruh yang kuat dan masih dapat kita temui hingga saat ini. Meskipun agama-agama ini awalnya tumbuh dan berkembang di India dan Asia Tenggara sekitar 2.500 tahun yang lalu, praktik-praktik keagamaan dan tradisi budaya yang berasal dari keyakinan ini masih bertahan dalam bentuk yang berbeda di berbagai negara.

Hinduisme

Hinduisme adalah agama tertua di dunia yang masih ada sampai sekarang. Hal ini juga berarti kebudayaan Hindu masih terus hidup dan berdampak pada cara hidup dan tradisi masyarakat di berbagai wilayah. Beberapa aspek kebudayaan Hindu yang masih terlihat hingga saat ini antara lain:

Upacara Agama

Di berbagai negara dengan populasi Hindu yang signifikan, upacara agama Hindu masih diadakan secara berkala. Misalnya, di India, upacara seperti puja (persembahan kepada dewa-dewi) dan arati (upacara pemujaan dengan lampu) masih menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Hindu. Di Indonesia, upacara seperti melaspas rumah atau melasti (pembersihan lingkungan dengan air suci) dan upacara keagamaan yang terkait dengan hari raya Hindu seperti Nyepi dan Galungan juga masih dilaksanakan.

Filosofi dan Ajaran Agama

Ajaran-ajaran Hindu tentang kehidupan dan filosofi seperti karma, dharma, dan moksha masih mempengaruhi pandangan hidup banyak orang. Konsep ini ditemukan dalam berbagai praktik spiritual dan filsafat yang bertujuan untuk mencapai kesucian dan pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan.

Arsitektur dan Seni

Pengaruh kebudayaan Hindu juga terlihat dalam arsitektur dan seni, khususnya di bangunan-bangunan pura, kuil, dan monumen yang dihiasi dengan relief-relief dan patung-patung dewa-dewi Hindu. Contohnya dapat ditemukan di pura-pura di Bali, Indonesia, seperti Pura Besakih dan Pura Uluwatu, yang dihiasi dengan patung dan arsitektur yang khas Hindu.

BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche: Sebuah Warisan Kebudayaan Prasejarah

Buddhisme

Selain Hinduisme, Buddhisme juga memiliki pengaruh yang kuat dalam budaya beberapa negara Asia Tenggara seperti India, Nepal, Sri Lanka, Tibet, Thailand, dan Indonesia. Berikut adalah beberapa aspek kebudayaan Buddha yang masih ada sampai sekarang:

Kuil dan Stupa

Salah satu peninggalan penting dari kebudayaan Buddhisme adalah kuil dan stupa. Kuil Buddha adalah tempat ibadah dan pengajaran agama, sedangkan stupa adalah monumen berbentuk kubah berisi relikui atau sisa-sisa suci seperti tulang atau rambut Buddha. Contoh terkenal dari kuil Buddha adalah Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya, India, tempat Buddha Siddhartha mencapai pencerahan, sementara Stupa Borobudur di Indonesia adalah salah satu contoh stupa Buddha yang paling terkenal di dunia.

Festival dan Perayaan

Festival dan perayaan Buddha seperti Vesak atau Waisak masih diadakan di berbagai negara yang menganut agama Buddha. Festival ini biasanya dirayakan dengan pawai obor, meditasi massal, dan pemberian makanan dan sedekah kepada orang yang membutuhkan.

Seni Visual

Budaya Buddhisme juga tercermin dalam seni visual. Seni patung Buddha, lukisan, dan ukiran yang menggambarkan ajaran dan kehidupan Buddha masih menjadi bagian penting dari warisan seni dan budaya di negara-negara dengan kepraktisan Buddhisme yang kuat.

Dalam kesimpulannya, kebudayaan Hindu dan Buddhisme masih memiliki dampak yang kuat dan terlihat hingga sekarang. Upacara agama, filosofi dan ajaran agama, arsitektur dan seni, kuil dan stupa, festival dan perayaan, serta seni visual adalah beberapa contoh nyata dari kebudayaan Hindu-Buddha yang masih ada sampai sekarang.

Also Read

Bagikan: