Jurusan SMK 3 Boyolangu

Darma Kai

SMK 3 Boyolangu merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang terletak di Boyolangu, Jawa Timur. Sekolah ini memiliki berbagai jurusan yang siap membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa jurusan yang tersedia di SMK 3 Boyolangu.

1. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ di SMK 3 Boyolangu berkaitan dengan pengembangan dan perawatan sistem komputer, jaringan, dan aplikasi. Siswa di jurusan ini akan mempelajari pemrograman, instalasi jaringan komputer, manajemen database, keamanan jaringan, dan pemecahan masalah komputer. Mereka juga akan dibekali dengan keterampilan praktis seperti merakit komputer, instalasi software, konfigurasi jaringan, serta pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras.

2. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Jurusan TKR di SMK 3 Boyolangu fokus pada pemeliharaan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor. Siswa-siswa di jurusan ini akan mempelajari teknik-teknik otomotif seperti mekanik, kelistrikan mobil, sistem rem, sistem suspensi, dan sistem transmisi. Mereka juga akan diberikan pemahaman dalam penggunaan alat-alat dan peranti yang digunakan dalam perbaikan dan modifikasi kendaraan.

3. Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI)

Jurusan TEI di SMK 3 Boyolangu bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang elektronika industri. Mereka akan mempelajari prinsip-prinsip dasar elektronika, perakitan dan perbaikan perangkat elektronik, serta penggunaan perangkat ukur dan alat pengujian. Siswa juga akan diajarkan tentang instalasi kelistrikan, perencanaan instalasi listrik, dan sistem kontrol otomatis.

BACA JUGA:   SMP PGRI 1 Surabaya

4. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi di SMK 3 Boyolangu tentunya fokus pada pembelajaran bidang keuangan dan akuntansi. Siswa di jurusan ini akan mempelajari prinsip-prinsip dasar akuntansi, perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, penggunaan perangkat lunak akuntansi, serta pengaturan administrasi keuangan. Mereka juga akan diajarkan cara mengelola data keuangan perusahaan, menganalisis laporan keuangan, dan melakukan prosedur perpajakan.

5. Jurusan Tata Busana

Jurusan Tata Busana di SMK 3 Boyolangu mempersiapkan siswa untuk bekerja di industri mode dan busana. Siswa-siswi di jurusan ini akan mempelajari desain busana, teknik menjahit, pemilihan bahan, keahlian memotong, konstruksi pakaian, serta proses finishing dan penyelesaian pakaian. Mereka juga akan diajarkan tentang perkembangan desain busana, tren mode terbaru, serta perancangan dan produksi pakaian.

6. Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga di SMK 3 Boyolangu menawarkan pelatihan dalam bidang kuliner dan pangan. Siswa di jurusan ini akan belajar mengenai teknik memasak, penanganan makanan, manajemen dapur, kebersihan sanitasi, serta perencanaan menu. Mereka juga akan diajarkan tentang seni penyajian makanan, kreativitas dalam pembuatan hidangan, dan manajemen restoran.

Itulah beberapa jurusan yang tersedia di SMK 3 Boyolangu. Melalui berbagai jurusan ini, SMK 3 Boyolangu dapat memberikan pendidikan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Siswa-siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan dalam karir mereka di masa depan.

Also Read

Bagikan: