SMK PGRI 1 Kebumen

Darma Kai

SMK PGRI 1 Kebumen adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kebumen, Jawa Tengah. Sekolah ini merupakan bagian dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang fokus pada pendidikan kejuruan untuk siswa tingkat menengah.

Program Studi

SMK PGRI 1 Kebumen menawarkan beberapa program studi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di era modern ini. Program studi yang tersedia di SMK PGRI 1 Kebumen antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Informatika
    Program studi ini fokus pada pengembangan aplikasi, administrasi jaringan, pemrograman komputer, serta pengelolaan sistem informasi.

  2. Teknik Otomotif
    Program studi ini mengajarkan siswa tentang perawatan kendaraan bermotor, diagnosis kerusakan, serta keahlian dalam melakukan perbaikan dan pemeliharaan mobil.

  3. Teknik Elektro
    Program studi ini mempelajari tentang instalasi listrik, pemrograman PLC (Programmable Logic Controller), serta pengetahuan tentang kontrol dan perawatan peralatan elektronik.

  4. Akuntansi
    Program studi ini mengajarkan siswa tentang dasar-dasar akuntansi, pengelolaan keuangan, serta pemahaman terhadap perpajakan dan audit.

  5. Tata Boga
    Program studi ini melatih siswa dalam mengolah makanan, mengelola dapur, serta memiliki pengetahuan tentang kebersihan dan sanitasi makanan.

Fasilitas

SMK PGRI 1 Kebumen memiliki fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

  1. Kelas Berstandar
    Setiap ruang kelas dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk pembelajaran, seperti proyektor, papan tulis, serta meja dan kursi yang nyaman.

  2. Laboratorium
    Sekolah ini memiliki beberapa laboratorium sesuai dengan program studi yang ada, seperti laboratorium komputer, laboratorium otomotif, dan laboratorium elektronika.

  3. Perpustakaan
    Perpustakaan SMK PGRI 1 Kebumen menyediakan berbagai macam buku, majalah, dan referensi lainnya untuk menunjang pembelajaran siswa.

  4. Lapangan Olahraga
    Sekolah ini juga memiliki lapangan olahraga yang digunakan untuk berbagai kegiatan fisik seperti olahraga, upacara, dan kegiatan ekstrakurikuler.

  5. Ruang Keterampilan Praktis
    Fasilitas ini digunakan untuk melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan praktis sesuai dengan program studi yang mereka pilih.

BACA JUGA:   Logo SMKN 11 Semarang

Kegiatan Ekstrakurikuler

SMK PGRI 1 Kebumen juga memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh para siswa. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di antaranya:

  1. Pramuka
    Siswa dapat bergabung dalam kegiatan Pramuka untuk mengembangkan sikap disiplin, kepedulian sosial, serta kemampuan bertahan hidup di alam terbuka.

  2. Paskibra
    Bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang kepramukaan, mereka dapat bergabung dalam kegiatan Paskibra untuk mengasah keterampilan kepramukaan dan disiplin diri.

  3. Paduan Suara
    Kegiatan paduan suara merupakan wadah bagi siswa yang memiliki minat dalam menyanyi dan mengembangkan kemampuan vokal mereka.

  4. Sepak Bola
    SMK PGRI 1 Kebumen memiliki tim sepak bola yang aktif berpartisipasi dalam kompetisi antar sekolah maupun turnamen di daerah sekitar Kebumen.

  5. Karya Ilmiah Remaja
    Kegiatan ini mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam penelitian dan eksperimen ilmiah serta mengembangkan potensi mereka di bidang sains dan teknologi.

Kerjasama Industri

SMK PGRI 1 Kebumen menjalin kerjasama dengan berbagai industri guna memberikan peluang magang dan kerja bagi para siswa. Beberapa perusahaan yang telah bekerjasama dengan sekolah ini antara lain:

  • PT Astra Honda Motor
  • PT Telkom Indonesia
  • PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa agar mereka dapat lebih siap dan terampil dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Dengan program studi yang variatif, fasilitas yang memadai, beragam kegiatan ekstrakurikuler, serta kerjasama dengan industri, SMK PGRI 1 Kebumen menjadi pilihan yang tepat bagi siswa yang ingin mengembangkan potensi diri dalam bidang kejuruan.

Also Read

Bagikan: