SMK dengan Jurusan Perhotelan

Victoria Suryatmi

Di Indonesia, terdapat beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan perhotelan. Jurusan perhotelan di SMK bertujuan untuk melatih siswa dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri perhotelan.

SMK dengan Jurusan Perhotelan di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa SMK di Indonesia yang memiliki jurusan perhotelan:

  1. SMK Negeri 1 Jakarta

    • Jurusan: Pariwisata
    • Program Keahlian: Akomodasi Perhotelan
    • Website: smkn1jkt.sch.id
  2. SMK Negeri 2 Surabaya

    • Jurusan: Pariwisata
    • Program Keahlian: Tata Boga (termasuk perhotelan)
    • Website: www.smkn2sby.sch.id
  3. SMK Negeri 3 Bandung

  4. SMK Negeri 1 Yogyakarta

Kurikulum Jurusan Perhotelan di SMK

Kurikulum jurusan perhotelan di SMK umumnya terdiri dari dua kompetensi keahlian, yaitu Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan. Di setiap kompetensi keahlian ini, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran dan keterampilan yang relevan dengan industri perhotelan.

Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan dalam jurusan perhotelan di SMK antara lain:

  1. Keterampilan Dasar Pariwisata dan Perhotelan
  2. Dasar-Dasar Tata Boga
  3. Dasar-Dasar Akomodasi Perhotelan
  4. Front Office (Pelayanan Depan)
  5. Housekeeping (Kebersihan dan Pemeliharaan Kamar)
  6. Food and Beverage Service (Layanan Makanan dan Minuman)
  7. Laundry (Pencucian dan Penyetrikaan)
  8. Keamanan dan Keselamatan Hotel

Selain mata pelajaran, siswa juga akan dilatih dalam keterampilan praktis seperti memasak, melayani tamu, merapikan kamar, dan mengelola layanan hotel. Tujuan dari pembelajaran di jurusan perhotelan SMK adalah agar siswa siap untuk bekerja di industri perhotelan setelah lulus.

Peluang Karir Setelah Menempuh Jurusan Perhotelan di SMK

Setelah menempuh jurusan perhotelan di SMK, siswa akan memiliki peluang karir yang luas di industri perhotelan, seperti:

  1. Front Office Staff: Bertanggung jawab untuk menerima tamu, check-in dan check-out, serta memberikan informasi mengenai hotel dan fasilitasnya.
  2. Housekeeping Staff: Menjalankan tugas membersihkan dan merapikan kamar, serta menjaga kebersihan dan pemeliharaan seluruh area hotel.
  3. Food and Beverage Staff: Melayani makanan dan minuman kepada tamu, baik di restoran hotel maupun melalui room service.
  4. Event Coordinator: Menangani perencanaan dan pelaksanaan acara-acara di dalam hotel, seperti konferensi, pameran, dan pertemuan.
  5. Reservation Staff: Bertugas untuk menerima dan mengelola reservasi kamar hotel, serta memberikan informasi mengenai tarif dan ketersediaan kamar kepada calon tamu.
BACA JUGA:   Jawaban: Logo SMK Pasundan Jatinangor

Kesimpulan

Jurusan perhotelan di SMK merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam industri perhotelan. Dalam jurusan ini, siswa akan mendapatkan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk sukses dalam karir di dunia perhotelan. Dengan adanya SMK yang menyediakan jurusan perhotelan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di sektor pariwisata dan perhotelan di Indonesia.

Also Read

Bagikan: