Wilayah kebudayaan Ngandong

Padma Astuti

Kebudayaan Ngandong adalah salah satu kebudayaan prasejarah yang ditemukan di Indonesia. Kebudayaan ini diyakini berada di wilayah Ngandong, yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Di situs arkeologi Ngandong, peneliti menemukan banyak sekali artefak, seperti alat batu, reruntuhan bangunan, dan tulang-tulang manusia purba.

Lokasi Kebudayaan Ngandong

Kawasan Ngandong terletak sekitar 15 kilometer dari kota Wonosobo. Letaknya yang berada di dataran tinggi menjadikan wilayah ini memiliki iklim yang sejuk dan dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah.

Artefak dan Bukti Kebudayaan Ngandong

Para peneliti menemukan artefak batu seperti kapak, pengikir batu, dan pahat yang digunakan oleh manusia purba dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, di situs Ngandong juga ditemukan tulang-tulang manusia purba yang diyakini berasal dari masa Pleistosen Akhir.

Tulang-tulang manusia purba yang ditemukan di Ngandong memiliki ciri khas yang membedakannya dari manusia modern. Salah satu ciri yang paling mencolok adalah sisa tulang belakang yang lebih besar dan kuat. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki postur tubuh yang berbeda dengan manusia modern.

Kehidupan Masyarakat Ngandong

Dari artefak dan tulang-tulang manusia purba yang ditemukan, para ahli berusaha memahami kehidupan masyarakat Ngandong. Mereka menganggap bahwa kehidupan pada masa itu masih sangat terikat dengan alam dan sangat bergantung pada sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Masyarakat Ngandong diyakini hidup dalam kelompok kecil atau keluarga yang saling membantu untuk mencari makanan dan melindungi diri dari bahaya. Mereka mungkin berburu binatang, mengumpulkan buah-buahan, dan memancing untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

BACA JUGA:   Prinsip dalam Kebudayaan Nasional Indonesia

Signifikansi Kebudayaan Ngandong

Penemuan kebudayaan Ngandong memberikan informasi yang berharga tentang kehidupan manusia prasejarah di Indonesia. Dalam konteks global, penemuan ini juga berkontribusi dalam memahami evolusi manusia purba.

Kebudayaan Ngandong menunjukkan adanya kemajuan dalam penggunaan alat batu dan teknologi manusia purba. Hal ini memperlihatkan tingkat kecerdasan dan kemampuan adaptasi manusia purba dalam menghadapi perubahan lingkungan.

Kesimpulan

Kebudayaan Ngandong berada di wilayah Ngandong, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Penemuan artefak dan tulang-tulang manusia purba di situs arkeologi Ngandong memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan manusia prasejarah di Indonesia.

Also Read

Bagikan: