Sekolah Dasar Negeri Parakan: Pilar Pendidikan di Indonesia

Elvina Rahimah

Sejarah dan Pengembangan SDN Parakan

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parakan memiliki sejarah panjang dalam mendidik generasi muda di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1982, SDN Parakan telah menjadi bagian penting dari sistem pendidikan di Indonesia, memberikan pengetahuan dasar kepada siswa-siswi di tingkat sekolah dasar. Dengan SK Pendirian Sekolah nomor 778/81/PK/82 dan SK Izin Operasional nomor 1088/PSD 1982, sekolah ini telah beroperasi selama lebih dari empat dekade.

Kepemimpinan dan Manajemen

Kepemimpinan yang kuat merupakan kunci keberhasilan sebuah institusi pendidikan. SDN Parakan dipimpin oleh Anita Suprihartini, yang bertanggung jawab atas pengelolaan sekolah dan memastikan bahwa standar pendidikan yang tinggi terus dipertahankan. Dengan dukungan dari operator sekolah, Kurtubi, SDN Parakan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan.

Fasilitas dan Infrastruktur

SDN Parakan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Dari ruang kelas yang nyaman hingga perpustakaan yang lengkap, sekolah ini berusaha menyediakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran. Selain itu, terdapat juga ruang laboratorium, ruang praktik, dan tempat bermain yang memadai untuk mendukung kegiatan ekstrakurikuler.

Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Kurikulum yang diterapkan di SDN Parakan adalah Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Hal ini memungkinkan siswa untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga menerapkannya dalam praktik sehari-hari.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SDN Parakan menyadari pentingnya pengembangan bakat dan minat siswa di luar jam pelajaran. Oleh karena itu, sekolah ini menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari olahraga, seni, hingga klub sains. Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan.

BACA JUGA:   Mengenal GIKI Surabaya

Komitmen terhadap Lingkungan dan Kesehatan

Sebagai bagian dari komunitas, SDN Parakan juga berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan dan kesehatan siswa. Sekolah ini menyediakan fasilitas cuci tangan dan jamban yang memenuhi standar kesehatan, serta mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.


Also Read

Bagikan: