Sdn Sooko 2

Clara Hassanah

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooko 2 adalah salah satu sekolah dasar yang terletak di Sooko, sebuah desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sekolah ini memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak usia 6-12 tahun di sekitar wilayah tersebut.

Profil Sekolah

  1. Alamat

    SDN Sooko 2 terletak di Jalan Raya Sooko No. 50, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  2. Fasilitas

    Sekolah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, antara lain:

    • Kelas-kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan meja, kursi, papan tulis, dan perlengkapan pendukung lainnya.
    • Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam untuk meningkatkan minat baca siswa.
    • Ruang guru untuk diskusi dan persiapan pembelajaran.
    • Ruang aula yang digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler, seperti pertunjukan seni, seminar, dan lain sebagainya.
    • Lapangan olahraga yang luas untuk kegiatan fisik dan olahraga siswa.
    • Kantin sekolah untuk menyediakan makanan dan minuman untuk siswa dan guru.
  3. Kurikulum

    SDN Sooko 2 mengikuti Kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan berbagai aspek kemampuan siswa, seperti kognitif, psikomotorik, dan afektif. Mata pelajaran yang diajarkan meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), serta seni dan olahraga.

Kegiatan Sekolah

SDN Sooko 2 memiliki berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman siswa, di antaranya:

  1. Ekstrakurikuler

    Sekolah ini menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti:

    • Pramuka: Kegiatan kepanduan yang membantu pembentukan karakter dan keterampilan praktis siswa.
    • Seni dan budaya: Kegiatan seni seperti tari, drama, musik, dan lain sebagainya.
    • Olahraga: Kegiatan fisik yang melibatkan siswa dalam berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, dan atletik.
  2. Kegiatan Lomba

    Sdn Sooko 2 juga aktif mengikutsertakan siswa dalam berbagai lomba yang diadakan di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Beberapa lomba yang diikuti antara lain lomba mata pelajaran, olimpiade sains, lomba olahraga, dan lomba seni.

  3. Kunjungan Edukasi

    Sekolah ini juga menyelenggarakan kunjungan ke tempat-tempat penting untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih luas kepada siswa. Contohnya, kunjungan ke Museum, kebun binatang, taman wisata edukasi, dan tempat-tempat historis.

BACA JUGA:   Karya Ilmiah Kepala Sekolah

Peran Orang Tua

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan di SDN Sooko 2, di antaranya:

  1. Partisipasi dalam Kelas

    Orang tua dihimbau untuk aktif terlibat dalam kegiatan kelas, seperti menghadiri pertemuan orang tua dan guru, mengikuti rapat koordinasi, dan mendukung kegiatan belajar di rumah.

  2. Pemberian Dukungan

    Orang tua juga diharapkan memberikan dukungan moral dan motivasi kepada anak-anak mereka untuk belajar dengan giat di sekolah. Dengan adanya dukungan ini, motivasi siswa dalam belajar dapat meningkat.

  3. Kerjasama dengan Guru

    Kerjasama yang baik antara orang tua dan guru sangat penting untuk memastikan pendidikan yang optimal bagi anak-anak. Komunikasi yang terbuka dan saling mendukung akan membantu mencapai tujuan bersama dalam mendidik siswa.

Kesimpulan

Sekolah Dasar Negeri Sooko 2 merupakan institusi pendidikan yang berperan penting dalam memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak di wilayah Sooko, Gresik. Dengan melengkapi fasilitas yang memadai dan melaksanakan program-program yang relevan, sekolah ini berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas dan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih baik. Dukungan aktif dari orang tua juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah ini.

Also Read

Bagikan: