SMKN Jatiluhur

Darma Kai

SMKN Jatiluhur, atau disebut juga dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jatiluhur, adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di wilayah Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sekolah ini menyediakan pendidikan berbasis kejuruan untuk siswa-siswa yang ingin mengembangkan keterampilan di bidang tertentu.

Sejarah

SMKN Jatiluhur didirikan pada tahun 1983 dengan nama awal SMEA Jatiluhur (Sekolah Menengah Ekonomi Atas). Kemudian pada tahun 1998, sekolah ini berubah menjadi SMK dengan nama SMKN Jatiluhur. Sebagai sekolah kejuruan, SMKN Jatiluhur fokus pada pengembangan keterampilan siswa di bidang-bidang seperti teknik, industri, pertanian, dan lain sebagainya.

Program Kejuruan

SMKN Jatiluhur menawarkan berbagai program kejuruan yang dapat dipilih oleh siswa. Beberapa program yang ditawarkan antara lain:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektronika
  3. Teknik Otomotif
  4. Teknik Komputer dan Jaringan
  5. Teknik Pengelasan
  6. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura
  7. Agribisnis Peternakan

Setiap program kejuruan memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan industri di bidang tersebut. Selain itu, SMKN Jatiluhur juga menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkait untuk penyelenggaraan magang siswa, sehingga siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di dunia nyata.

Fasilitas

SMKN Jatiluhur dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran modern.
  2. Laboratorium untuk praktik kejuruan seperti laboratorium mesin, laboratorium elektronika, laboratorium otomotif, dan lain sebagainya.
  3. Perpustakaan yang menyediakan berbagai referensi dan bahan bacaan.
  4. Lapangan olahraga untuk kegiatan fisik dan olahraga siswa.
  5. Aula untuk kegiatan seremonial dan pertemuan sekolah.
  6. Kantin yang menyediakan makanan dan minuman untuk siswa.
BACA JUGA:   SMK Tirtajaya

Prestasi

SMKN Jatiluhur telah mencatat beberapa prestasi di tingkat lokal maupun nasional. Beberapa prestasi yang pernah diraih antara lain:

  1. Juara 1 Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) bidang Teknik Mesin.
  2. Juara 2 Olimpiade Komputer Indonesia (OKI) bidang Teknik Komputer dan Jaringan.
  3. Juara 3 Lomba Agribisnis Siswa Indonesia (LASI) bidang Agribisnis Peternakan.

Prestasi-prestasi ini menunjukkan komitmen dan kerja keras siswa serta guru-guru SMKN Jatiluhur dalam mengembangkan potensi siswa di bidang kejuruan yang dipilih.

Alumni

SMKN Jatiluhur memiliki alumni-alumni yang telah sukses di berbagai bidang. Beberapa alumni yang mencapai kesuksesan tersebut antara lain:

  1. Dian Sastro – Aktris terkenal di Indonesia.
  2. Rizky Febian – Penyanyi dan penulis lagu.
  3. Handika Mahendra – Pengusaha sukses di bidang teknologi.

Alumni-alumni SMKN Jatiluhur ini menjadi inspirasi bagi siswa-siswa baru yang ingin mencapai kesuksesan di bidang yang mereka pilih.

Kesimpulan

SMKN Jatiluhur merupakan sekolah menengah kejuruan yang memberikan pendidikan berbasis kejuruan bagi siswa-siswa yang ingin mengembangkan keterampilan di bidang tertentu. Dengan program kejuruan yang variatif, fasilitas yang memadai, serta prestasi-prestasi yang telah diraih, SMKN Jatiluhur menjadi pilihan yang baik bagi siswa yang ingin memiliki karir di bidang teknik, industri, pertanian, dan sejenisnya.

Also Read

Bagikan: