SD Negeri Sindangrasa Bogor: Pilar Pendidikan di Kota Hujan

Darma Kai

Sejarah dan Latar Belakang

SD Negeri Sindangrasa merupakan salah satu institusi pendidikan dasar yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat. Didirikan pada tanggal 1 Januari 1982, sekolah ini telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan di wilayah Bogor Barat. Dengan nomor pokok sekolah nasional (NPSN) 20220560, SD Negeri Sindangrasa berstatus sebagai sekolah negeri yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Visi dan Misi

Visi sekolah ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk menghasilkan siswa yang cerdas, kreatif, dan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi. Misi sekolah meliputi penyediaan pendidikan berkualitas, pengembangan kurikulum yang adaptif dan inovatif, serta pembentukan karakter siswa yang kuat.

Fasilitas dan Infrastruktur

SD Negeri Sindangrasa dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran. Terdapat ruang kelas yang cukup, perpustakaan, laboratorium, ruang ibadah, dan area bermain yang aman untuk siswa. Sekolah ini juga memiliki akses ke sumber listrik dari PLN dengan daya listrik sebesar 1300 watt dan kecepatan internet hingga 50 Mb.

Kurikulum dan Pembelajaran

Kurikulum yang diterapkan di SD Negeri Sindangrasa adalah Kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik. Proses pembelajaran dirancang untuk tidak hanya memberikan pengetahuan akademik tetapi juga keterampilan praktis dan kecerdasan emosional.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SD Negeri Sindangrasa menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di luar jam pelajaran reguler. Kegiatan-kegiatan ini meliputi olahraga, seni, musik, dan klub sains, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan pribadi dan sosial siswa.

BACA JUGA:   Jurusan Asisten Keperawatan

Komunitas dan Keterlibatan Orang Tua

Sekolah ini memiliki komunitas yang aktif, di mana orang tua dan wali murid terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah. Keterlibatan ini mencakup partisipasi dalam acara-acara sekolah, dukungan terhadap program pendidikan, dan kontribusi dalam pengambilan keputusan sekolah.

Profil Kepala Sekolah dan Staf Pengajar

Kepala sekolah saat ini adalah Army Rochati, yang bersama dengan staf pengajar yang berdedikasi, berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa. Para guru di SD Negeri Sindangrasa memiliki kualifikasi yang tinggi, dengan mayoritas telah mencapai pendidikan S1 atau lebih.

Sekolah ini terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas yang disediakan, dengan tujuan utama untuk membentuk generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia. SD Negeri Sindangrasa tidak hanya fokus pada pencapaian akademik tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan hidup siswa, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

: Data Pokok SD NEGERI SINDANGRASA – Pauddikdasmen
: Profil SD NEGERI SINDANGRASA

Also Read

Bagikan: