"Sit al-Madinah"

Ella Winarsih

"Sit al-Madinah" merupakan istilah dalam bahasa Arab yang secara harfiah berarti "belakang Kota Madinah". Istilah ini merujuk pada bagian belakang Kota Madinah di mana terdapat beberapa situs sejarah dan lokasi yang penting bagi umat Islam.

Salah satu situs yang terkenal di "Sit al-Madinah" adalah Makam Baqi atau Kediaman Baqi. Makam Baqi adalah pemakaman yang terletak di jalan selatan dari Masjid Nabawi. Di sini terdapat makam beberapa anggota keluarga Nabi Muhammad SAW, termasuk istri-istrinya dan cucu-cucunya. Makam Baqi juga merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi banyak sahabat Nabi dan ulama terkenal.

Selain itu, ada juga situs penting lainnya di "Sit al-Madinah" seperti Quba Mosque. Quba Mosque adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, dan menjadi tempat bersejarah untuk melakukan shalat sunah dua rakaat pertama di suatu daerah yang baru ditempati.

Selain Makam Baqi dan Quba Mosque, "Sit al-Madinah" juga menyimpan beberapa situs sejarah lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Di mana Masjid Qiblatain terletak di tempat di mana perubahan arah kiblat turun. Masjid ini memiliki dua mihrab, yang satu menghadap Baitul Maqdis dan yang lainnya menghadap Ka’bah di Mekah. Ini adalah tempat yang penting dalam sejarah Islam yang menandai perubahan arah kiblat dalam shalat.

Situs sejarah lainnya di "Sit al-Madinah" meliputi Masjid Ghamama, yang merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW pernah melaksanakan shalat istisqa, yaitu shalat yang dilakukan untuk memohon hujan. Ada juga Bukit Uhud, tempat pertempuran terkenal antara pasukan Muslim dan pasukan musyrik pada masa Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:   SMK Kosgoro: Integrasi Pendidikan dan Industri untuk Masa Depan yang Cerah

Dengan beragam situs sejarah yang terletak di "Sit al-Madinah," tempat ini menjadi tujuan wisata religi bagi umat Islam dari seluruh dunia. Melalui kunjungan ke situs-situs ini, umat Islam dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah dan peristiwa penting dalam Islam.

Also Read

Bagikan: