Pesantren Tazkia Malang

Padma Astuti

Pesantren Tazkia Malang adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat pondok pesantren yang berada di Malang, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan agama yang holistik dan berbasis akhlakul karimah kepada para santri.

Sejarah Pesantren Tazkia Malang

Pesantren Tazkia Malang didirikan pada tahun 2009 oleh KH. Mohammad Sodik. Pada awalnya, pesantren ini berdiri dengan nama Pesantren Darul Ulum. Namun, seiring berjalannya waktu, nama pesantren ini diubah menjadi Pesantren Tazkia Malang. Nama "Tazkia" sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berarti "pembinaan" atau "perbaikan". Pesantren Tazkia Malang dikenal sebagai pesantren yang konsisten dalam mengajarkan pendidikan agama yang harmonis antara ilmu dan akhlak.

Visi dan Misi Pesantren Tazkia Malang

Visi dari Pesantren Tazkia Malang adalah menjadi pusat pendidikan Islam yang unggul dalam membangun karakter santri yang berilmu, beramal, dan berakhlak mulia. Sedangkan misinya adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan agama yang berkualitas tinggi sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Membina sikap disiplin dan kemandirian dalam menjalankan ibadah.
  3. Menanamkan nilai-nilai keberagaman dan toleransi.
  4. Mengembangkan potensi santri dalam bidang akademik dan non-akademik.
  5. Menyiapkan santri untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan berkontribusi bagi masyarakat.

Program Pendidikan di Pesantren Tazkia Malang

Pesantren Tazkia Malang menyelenggarakan program pendidikan yang holistik, yang mencakup pendidikan formal dan non-formal. Program pendidikan formal di pesantren ini meliputi pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Pesantren Tazkia Malang juga bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan setempat untuk memberikan program pendidikan tingkat perguruan tinggi.

BACA JUGA:   Madrasah Aliyah di Bandung: Pendidikan Berkualitas untuk Masa Depan Gemilang

Selain pendidikan formal, pesantren ini juga menyelenggarakan program pendidikan non-formal, seperti tahfidzul Qur’an, kegiatan keterampilan, pengembangan kepribadian, dan pelatihan kewirausahaan. Dengan demikian, pesantren ini tidak hanya fokus pada pendidikan agama, tetapi juga mengembangkan kemampuan santri di berbagai bidang.

Sarana dan Prasarana Pesantren Tazkia Malang

Pesantren Tazkia Malang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pendidikan dan pengembangan santri. Beberapa sarana dan prasarana yang tersedia di pesantren ini antara lain:

  1. Gedung kelas yang dilengkapi dengan fasilitas belajar modern.
  2. Asrama santri dengan kapasitas yang memadai.
  3. Masjid sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan.
  4. Perpustakaan dengan koleksi buku agama dan umum yang lengkap.
  5. Lapangan olahraga untuk kegiatan fisik santri.
  6. Ruang komputer dan internet untuk mendukung pembelajaran.

Akhlak dan Keunggulan Pesantren Tazkia Malang

Pesantren Tazkia Malang memiliki fokus yang kuat dalam mengembangkan akhlakul karimah pada santrinya. Dalam lingkungan pesantren ini, para santri diharapkan dapat menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik, serta menjadi contoh teladan bagi masyarakat dalam berperilaku.

Keunggulan lain dari Pesantren Tazkia Malang adalah pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pesantren ini menerapkan metode pembelajaran yang aktif, melibatkan para santri dalam diskusi, proyek, dan kegiatan praktikum sehingga mereka dapat memahami konsep-konsep agama dengan lebih baik.

Kegiatan Ekstrakurikuler di Pesantren Tazkia Malang

Selain kegiatan pembelajaran, pesantren ini juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang menarik bagi para santri. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di Pesantren Tazkia Malang antara lain:

  1. Kajian agama dan diskusi keislaman.
  2. Kelompok Studi Al-Qur’an (KESRA) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
  3. Kegiatan olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan basket.
  4. Kegiatan seni dan budaya, seperti teater, tari, dan musik.
  5. Pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan.
BACA JUGA:   "Cor Jesu Semarang"

Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini, pesantren memberikan kesempatan kepada santri untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di luar kegiatan akademik.

Kerjasama Pesantren Tazkia Malang dengan Instansi Terkait

Pesantren Tazkia Malang menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait, baik di tingkat lokal maupun nasional. Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas kesempatan dan pengalaman belajar santri di luar lingkungan pesantren.

Beberapa instansi yang bekerja sama dengan Pesantren Tazkia Malang antara lain:

  1. Universitas dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk program pertukaran pelajar.
  2. Lembaga-lembaga pendidikan agama untuk pertukaran pengalaman dan peningkatan kualitas pendidikan.
  3. Dinas Pendidikan setempat dalam penyusunan kurikulum dan pembinaan pendidik.

Kerjasama ini memberikan manfaat yang besar bagi santri dalam mengembangkan pengetahuan, kompetensi, dan jaringan di masa depan.

Kesimpulan

Pesantren Tazkia Malang adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan agama yang holistik dan berkualitas tinggi kepada para santri. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, sarana dan prasarana yang memadai, serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, Pesantren Tazkia Malang mampu menjadi tempat belajar dan pengembangan diri yang ideal bagi para santri. Melalui kerjasama dengan instansi terkait, pesantren ini juga memberikan kesempatan santri untuk memperluas wawasan dan pengalaman mereka di luar lingkungan pesantren.

Also Read

Bagikan: