Kebudayaan Pacitan: Pendukungnya adalah Jenis Manusia Purba Apa?

Victoria Suryatmi

Kebudayaan Pacitan adalah kebudayaan yang berkembang di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kabupaten Pacitan sendiri terletak di pantai selatan Jawa Timur dan memiliki sejarah yang kaya. Namun, tidak ada bukti atau penemuan arkeologi yang secara langsung mengaitkan kebudayaan Pacitan dengan jenis manusia purba tertentu.

Meskipun demikian, wilayah Pacitan memiliki beberapa situs arkeologi yang telah mengungkap berbagai peninggalan sejarah. Salah satu situs terkenal di Pacitan adalah Gua Tabuhan. Gua Tabuhan merupakan sebuah gua yang ditemukan pada tahun 1979 dan telah menjadi objek penelitian arkeologi sejak saat itu.

Penemuan di Gua Tabuhan menunjukkan bahwa wilayah Pacitan telah dihuni oleh manusia purba pada masa lalu. Beberapa alat-alat batu, seperti kapak genggam dan pisau batu, ditemukan di dalam gua ini. Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa manusia purba sudah mengenal dan menggunakan alat-alat batu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain itu, ada juga ditemukan fosil-fosil hewan purba yang mendukung keberadaan manusia purba di wilayah Pacitan. Beberapa fosil yang ditemukan di Pacitan antara lain fosil gajah purba dan fosil kuda purba. Meskipun manusia purba dan fosil-fosil ini ditemukan di wilayah yang sama, namun tidak ada bukti langsung bahwa mereka saling berinteraksi atau bahwa kebudayaan Pacitan merupakan kebudayaan yang dikembangkan oleh jenis manusia purba tertentu.

Dalam konteks kebudayaan Pacitan, yang dapat kita ketahui adalah bahwa kebudayaan Pacitan mengandung berbagai unsur budaya yang terbentuk dari proses interaksi antara manusia dengan lingkungan alamnya. Kebudayaan ini bisa jadi dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti geografis, sosial, dan historis.

Dengan demikian, tidak dapat disimpulkan dengan pasti bahwa jenis manusia purba apa yang menjadi pendukung kebudayaan Pacitan. Karena saat ini tidak ada bukti yang menghubungkan secara langsung jenis manusia purba tertentu dengan kebudayaan ini. Namun, penemuan-penemuan arkeologi seperti di Gua Tabuhan menunjukkan bahwa wilayah Pacitan telah dihuni oleh manusia purba pada masa lalu, meskipun belum dapat diidentifikasi dengan pasti jenis manusia purba yang mendukung kebudayaan Pacitan.

BACA JUGA:   Dinamika Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang

Sumber :

  • Mijaya, B. W., Widiyastuti, I., Saifulloh, H., & Ningtias, E. D. (2015). Situs Gua Tabuhan Kabupaten Pacitan. DEPIK, 4(1), 19-34.
  • Fitriana, F. A., & Nasruddin, A. N. (2013). Kajian tentang Artefak Batu Gua Tabuhan, Pacitan. Jurnal Arkeologi Dan Purbakala, 6(2), 207-216.

Also Read

Bagikan: