Kebudayaan Abris Sous Roche

Elvina Rahimah

Kebudayaan Abris Sous Roche merujuk pada kebudayaan yang berkembang di bawah celah bebatuan yang melindungi gua. Abris Sous Roche merupakan istilah dalam bahasa Prancis yang berarti "penghuni di bawah atap bebatuan". Kebudayaan ini adalah salah satu bentuk kehidupan manusia prasejarah yang ditemukan di gua-gua di Perancis dan wilayah Eropa lainnya.

Latar Belakang

Abris Sous Roche diyakini berasal dari Zaman Batu Akhir, sekitar 15.000 hingga 10.000 tahun SM. Pada periode ini, manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang berpindah-pindah tempat untuk mencari makanan dan menghindari bahaya. Mereka mencari perlindungan di gua-gua atau di bawah celah bebatuan yang dapat memberikan perlindungan dari cuaca dan predator.

Keberadaan Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche bisa ditemukan di bagian perut gua atau di celah bebatuan yang memberikan perlindungan. Karena kondisi gua-gua yang relatif terlindungi, banyak artefak dan benda-benda sehari-hari dari kehidupan prasejarah yang terawetkan dengan baik di tempat-tempat ini.

Pada umumnya, kehidupan manusia di Abris Sous Roche didasarkan pada aktivitas berburu, mengumpulkan makanan, dan memancing. Mereka menggunakan berbagai teknik dan alat sederhana seperti alat batu, kapak tangan, panah dan busur, serta peralatan memancing untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.

Kehidupan Sosial dan Budaya

Kebudayaan Abris Sous Roche menunjukkan adanya tanda-tanda perkembangan kehidupan sosial dan budaya manusia prasejarah. Artefak seperti lukisan dinding, ukiran, dan patung-patung kecil yang ditemukan di situs-situs ini menunjukkan adanya praktik seni dan ekspresi kreatif.

BACA JUGA:   Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Selain itu, ditemukan juga sisa-sisa kerajinan tangan seperti barang pecah belah dari batu, tulang, dan kayu. Hal ini menunjukkan adanya kegiatan pembuatan dan penggunaan alat dari bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar lingkungan mereka.

Kehidupan Sehari-hari di Abris Sous Roche

Di Abris Sous Roche, manusia prasejarah hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang saling berhubungan dan bekerja sama. Mereka biasanya tinggal dalam gua-gua yang menawarkan perlindungan dari cuaca buruk dan predator. Dalam gua-gua ini, mereka mengatur tempat tidur sederhana dan menggunakan api untuk memasak makanan.

Mereka mengandalkan berburu untuk mendapatkan daging, sementara makanan nabati dikumpulkan dari daerah sekitar mereka. Mereka juga memancing di sungai atau danau terdekat untuk mencukupi kebutuhan pangan. Dalam kehidupan sehari-hari mereka, Abris Sous Roche menjadi tempat perlindungan dan tempat mereka berkumpul untuk makan, beristirahat, dan berinteraksi sosial.

Pentingnya Abris Sous Roche dalam Kajian Arkeologi

Situs-situs Abris Sous Roche sangat penting dalam bidang arkeologi karena memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan manusia prasejarah. Lewat artefak dan benda-benda yang ditemukan di situs ini, peneliti dapat mempelajari tentang perkembangan budaya, teknologi, perkawinan, dan sistem kepercayaan pada masa itu.

Mereka juga dapat menyelidiki pola migrasi dan pertukaran budaya antara kelompok manusia yang hidup di wilayah yang berbeda. Abris Sous Roche menjadi jejak sejarah penting yang membantu kita memahami asal-usul dan perkembangan manusia modern.

Kesimpulan

Abris Sous Roche adalah kebudayaan prasejarah yang berkembang di bawah celah bebatuan dan gua-gua di Perancis dan wilayah Eropa lainnya. Kehidupan manusia di Abris Sous Roche didasarkan pada berburu, mengumpulkan makanan, dan memancing. Mereka menciptakan seni dan kerajinan tangan dari bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar mereka. Situs-situs Abris Sous Roche sangat penting dalam bidang arkeologi untuk memahami kehidupan manusia prasejarah dan perkembangan kebudayaan mereka.

Also Read

Bagikan: