Mengenal Montessori Intelligence School di Bekasi

Ella Winarsih

Montessori Intelligence School adalah sebuah lembaga pendidikan yang berbasis pada sistem pendidikan Montessori. Sekolah ini terletak di Bekasi dan menawarkan pendidikan mulai dari tingkat playgroup hingga tingkat sekolah dasar.

Pengenalan tentang Montessori Intelligence School

Montessori Intelligence School didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan yang holistik dan berkualitas kepada anak-anak di Bekasi. Sekolah ini mengadopsi metode Montessori yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik Italia.

Prinsip Montessori Intelligence School

Montessori Intelligence School memiliki beberapa prinsip utama yang menjadi dasar dari pendidikan yang mereka berikan, antara lain:

  1. Pembelajaran Aktif: Di Montessori Intelligence School, anak-anak diberikan kebebasan untuk belajar secara aktif. Mereka diajak untuk melakukan eksplorasi, menemukan sendiri, dan belajar melalui pengalaman langsung.

  2. Individualisasi: Setiap anak dianggap unik dan memiliki potensi yang berbeda. Montessori Intelligence School menekankan pada pemberian bimbingan individual sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing anak.

  3. Lingkungan yang Siap Belajar: Lingkungan di Montessori Intelligence School didesain agar mendukung pembelajaran dan perkembangan anak. Ruang kelas diberi fasilitas dan alat yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

  4. Mendorong Kemampuan Motorik: Montessori Intelligence School juga fokus pada pengembangan kemampuan motorik anak. Mereka diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan fisik yang melibatkan tangan, seperti menggambar, menyusun benda, dan lain sebagainya.

Kurikulum Montessori Intelligence School

Kurikulum di Montessori Intelligence School didesain untuk mengembangkan potensi anak dalam empat bidang utama, yaitu:

  1. Pengembangan Keterampilan Sosial: Anak diajarkan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman sebaya dan guru. Mereka juga diajarkan nilai-nilai kehidupan yang membantu mereka menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

  2. Sensorial Development: Anak-anak dikenalkan pada berbagai alat dan aktivitas yang melibatkan panca indera mereka. Hal ini diyakini dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan pengamatan, persepsi, dan keterampilan berpikir logis.

  3. Bahasa dan Komunikasi: Montessori Intelligence School memberikan fokus khusus pada pengembangan keterampilan berbahasa dan komunikasi. Anak-anak diajarkan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

  4. Keterampilan Matematika dan Logika: Anak-anak diberikan pengenalan awal tentang konsep matematika dan logika melalui aktivitas yang konkret dan bermain. Mereka diajarkan untuk mengenali angka, menghitung, memecahkan masalah, dan berpikir kreatif.

BACA JUGA:   Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan di Madiun

Keuntungan menjadi siswa di Montessori Intelligence School

Beberapa keuntungan menjadi siswa di Montessori Intelligence School antara lain:

  1. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan: Montessori Intelligence School menggunakan pendekatan yang menghargai kecerdasan anak secara keseluruhan. Mereka tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan kecerdasan emosional, sosial, dan fisik anak.

  2. Pembelajaran Yang Terpersonalisasi: Dengan menjaga rasio guru dan siswa yang baik, Montessori Intelligence School mampu memberikan perhatian penuh pada setiap siswa. Dalam suasana yang hangat dan mendukung, siswa dapat belajar dengan nyaman dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  3. Pengembangan Bakat dan Kreativitas: Melalui kurikulum Montessori yang kaya akan aktivitas, anak-anak di Montessori Intelligence School didorong untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka. Mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai kegiatan dan minat yang mereka miliki.

  4. Metode Pembelajaran Seumur Hidup: Montessori Intelligence School memberi pengajaran yang tidak hanya berguna di masa kanak-kanak, tetapi juga akan berdampak pada perkembangan masa depan anak. Mereka diajarkan keterampilan dan nilai-nilai yang akan membantu mereka menjadi pembelajar seumur hidup.

Kesimpulan

Montessori Intelligence School di Bekasi merupakan pilihan pendidikan yang menarik bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan berkualitas dan holistik kepada anak-anak mereka. Dengan prinsip-prinsip Montessori yang digunakan, siswa akan dilatih menjadi pribadi mandiri, kreatif, dan berkepribadian yang kuat.

Also Read

Bagikan: