Kebudayaan Non Benda yang Tidak Termasuk

Padma Astuti

Kebudayaan non benda merujuk pada aspek-aspek kebudayaan yang tidak berwujud dan bersifat abstrak. Ini mencakup nilai, norma, adat istiadat, bahasa, agama, filosofi, seni rupa, dan institusi sosial. Namun, ada beberapa elemen yang tidak termasuk dalam kebudayaan non benda. Berikut ini adalah beberapa contoh:

1. Kebanggaan Nasional

Meskipun kebanggaan nasional dapat mempengaruhi budaya suatu bangsa, ia tidak termasuk dalam kebudayaan non benda. Kebanggaan nasional mewakili rasa cinta dan kebanggaan seseorang terhadap negaranya, simbol-simbol nasionalnya, dan prestasi-prestasi yang dicapai oleh bangsanya. Ini lebih merupakan sikap dan nilai-nilai yang dimiliki oleh individu secara pribadi, daripada norma atau nilai kolektif yang dapat diwariskan secara budaya.

2. Teknologi dan Inovasi

Teknologi dan inovasi, meskipun dapat mempengaruhi cara hidup kita dan berkembang seiring waktu, juga tidak dianggap sebagai bagian dari kebudayaan non benda. Teknologi mencakup semua penemuan dan penerapan ilmu pengetahuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti perangkat elektronik, alat transportasi modern, dan sistem komunikasi. Meskipun teknologi adalah hasil dari warisan budaya dan nilai-nilai budaya yang mendasarinya, ini lebih terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan daripada dengan aspek abstrak kebudayaan non benda.

3. Praktek Medis Modern

Praktek medis modern juga bukan bagian dari kebudayaan non benda. Ini termasuk metode dan teknik medis yang terus berkembang seiring waktu untuk meningkatkan perawatan kesehatan dan kualitas hidup manusia. Praktek medis modern melibatkan penggunaan alat canggih, obat-obatan, dan penelitian ilmiah yang terus berubah dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Walaupun nilai-nilai etika dalam pelayanan kesehatan juga dapat menjadi bagian dari kebudayaan non benda, tetapi sebagai sektor yang berkembang dan berubah dengan cepat, praktek medis modern tergolong sebagai aspek kebudayaan yang tidak termasuk dalam kebudayaan non benda.

BACA JUGA:   Pengaruh Kebudayaan Terhadap Sistem Komunikasi dalam Masyarakat

4. Mode dan Gaya Hidup

Mode dan gaya hidup juga bukan elemen yang termasuk dalam kebudayaan non benda. Mode mencakup tren busana dan penampilan fisik yang berubah sepanjang waktu, sementara gaya hidup melibatkan kebiasaan, minat, dan aktivitas yang dipilih oleh individu secara pribadi. Meskipun perubahan dalam mode dan gaya hidup dapat memengaruhi perkembangan budaya suatu masyarakat, tetapi mereka lebih cenderung merupakan refleksi individu atau kelompok tertentu daripada norma budaya yang selaras dengan kebudayaan non benda.

Dalam kesimpulannya, ada beberapa elemen yang tidak termasuk dalam kebudayaan non benda. Kebanggaan nasional, teknologi dan inovasi, praktek medis modern, serta mode dan gaya hidup bukanlah bagian dari kebudayaan non benda, melainkan lebih berkaitan dengan perkembangan individual atau perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Also Read

Bagikan: