Kebudayaan Jepang yang diikuti oleh Pria Bertubuh Gendut

Clara Hassanah

Jawabannya adalah Sumo, kebudayaan Jepang yang diikuti oleh pria bertubuh gendut.

1. Pengenalan tentang Sumo

Sumo adalah olahraga tradisional Jepang yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Olahraga ini melibatkan dua pegulat yang berusaha mendorong satu sama lain keluar dari lingkaran atau menjatuhkan lawan ke tanah. Sumo bukan hanya sekedar olahraga, tetapi juga merupakan simbol kebanggaan dan identitas bagi bangsa Jepang.

2. Profil Pegulat Sumo

Para pegulat sumo dikenal dengan sebutan rikishi. Mereka memiliki berat badan yang besar, dengan postur tinggi dan berotot. Namun, yang menjadi ciri khas pegulat sumo adalah kehadiran pegulat bertubuh gendut yang disebut "rikishi makushita". Mereka adalah pegulat yang diidentifikasi sebagai pria bertubuh besar atau gemuk.

3. Tradisi dan Ritual Sumo

Sumo bukan hanya sekedar pertandingan, tetapi juga memiliki sejumlah tradisi yang dijunjung tinggi. Sebelum pertandingan dimulai, para pegulat sumo melaksanakan serangkaian ritual dan tradisi yang telah ada sejak dahulu kala. Beberapa tradisi tersebut antara lain:

  • Shiko: Sebelum pertandingan dimulai, pegulat sumo melakukan gerakan khas bernama shiko. Gerakan ini melibatkan langkah-langkah besar, mengangkat kaki tinggi ke udara, dan menendang ke bawah dengan keras. Shiko melambangkan kekuatan dan kesetiaan.

  • Chiritori: Setelah kemenangan, pegulat yang menang harus mengambil tanah di tengah lingkaran sumo menggunakan tangan. Ini adalah bagian penting dari tradisi untuk menghormati dewa penjaga sumo.

  • Mawashi: Mawashi adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh pegulat sumo selama pertandingan. Ini adalah sejenis ikat pinggang kain yang dikenakan di sekitar pinggang dan bagian paha. Mawashi menjadi simbol tradisional sumo dan menggambarkan bobot dan kekuatan seorang pegulat.

BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche pada Masa Mesolitikum

4. Pola Hidup dan Diet

Untuk menjadi pegulat sumo, seorang pria bertubuh gendut harus menjalani pola hidup dan diet khusus. Mereka harus mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, dengan porsi makan yang besar. Selain itu, mereka juga harus menjalani latihan fisik yang intensif untuk mempertahankan bobot badan yang besar dan kekuatan yang diperlukan dalam pertandingan sumo.

5. Karir dan Prestasi

Karir seorang pegulat sumo ditentukan oleh kemampuan dan prestasinya dalam pertandingan. Mereka naik peringkat berdasarkan performa di turnamen sumo dan bisa mencapai peringkat tertinggi, yaitu yokozuna, jika berhasil meraih banyak kemenangan secara berturut-turut.

6. Popularitas Sumo di Jepang dan Peran Pria Bertubuh Gendut

Sumo sangat populer di Jepang dan memiliki peran penting dalam budaya Jepang. Pria bertubuh gendut dianggap sebagai simbol kekuatan dan daya tahan dalam pertandingan ini. Masyarakat Jepang menghargai dan menghormati mereka sebagai pria yang mampu menghadapi lawan-lawan kuat.

7. Kesimpulan

Dalam kebudayaan Jepang, sumo adalah kegiatan yang diikuti oleh pria bertubuh gendut. Mereka menjadi simbol kekuatan dan kesetiaan dalam pertarungan sumo. Tradisi, ritual, dan pola hidup yang unik membuat sumo menjadi lebih dari sekadar olahraga, tetapi juga menjadi bagian integral dari identitas Jepang.

Also Read

Bagikan: