Kebudayaan Indonesia Sebelum Masuknya Agama Hindu-Buddha

Padma Astuti

Sebelum masuknya Agama Hindu-Buddha ke Indonesia, terdapat beberapa kebudayaan yang sudah ada dan berkembang di wilayah Nusantara. Kebudayaan ini sudah ada sejak zaman prasejarah hingga berlanjut hingga zaman Neolitikum. Dalam periode ini, masyarakat Indonesia sudah mengenal berbagai bentuk kebudayaan seperti seni, arsitektur, bahasa, dan sistem sosial.

Salah satu kebudayaan yang ada sebelum masuknya Agama Hindu-Buddha adalah kebudayaan megalitikum. Kebudayaan ini terkenal dengan peninggalan berupa batu-batu besar yang diukir untuk berbagai tujuan. Contohnya adalah batu menhir, dolmen, dan sarkofagus. Peninggalan kebudayaan megalitikum ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku.

Selain kebudayaan megalitikum, kebudayaan pra-Agama Hindu-Buddha juga terdapat dalam bentuk seni dan kerajinan. Pada zaman ini, masyarakat Indonesia sudah mengenal seni tembikar, seni ukir, seni anyaman, dan seni lukis. Contohnya, di daerah Papua ditemukan ukiran kayu yang menggambarkan aktivitas berburu dan pertanian. Sementara di Jawa, terdapat peninggalan candi-candi kuno yang berfungsi sebagai tempat ibadah atau tempat pemakaman.

Tidak hanya dalam bidang seni, dalam bidang bahasa pun telah ada kebudayaan sebelum masuknya Agama Hindu-Buddha. Salah satu contohnya adalah peninggalan prasasti-prasasti berbahasa Kawi yang ditemukan di Jawa Tengah. Peninggalan ini menunjukkan bahwa masyarakat pada masa itu sudah menggunakan sistem tulisan.

Selain itu, kebudayaan pra-Agama Hindu-Buddha juga memiliki sistem sosial yang terstruktur. Contohnya adalah sistem kekerabatan yang terorganisir dengan baik. Masyarakat pada zaman ini sudah mengenal sistem matrilineal, di mana garis keturunan dihitung berdasarkan garis ibu. Sistem ini dapat dilihat pada beberapa suku di Nusantara seperti Minangkabau di Sumatera Barat dan Batak di Sumatera Utara.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan Indonesia sebelum masuknya Agama Hindu-Buddha telah mencapai tingkat perkembangan yang signifikan. Meskipun belum terpengaruh oleh ajaran agama Hindu-Buddha, masyarakat pada masa itu telah mengenal dan mengembangkan berbagai aspek kebudayaan seperti seni, bahasa, dan sistem sosial. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan Indonesia memiliki keberagaman yang kaya sejak masa prasejarah.

BACA JUGA:   Kebudayaan Gulat Sumo berasal dari Negara Jepang

Also Read

Bagikan: