Kebudayaan Dongson Pertama Kali Berkembang di Vietnam

Padma Astuti

Kebudayaan Dongson adalah salah satu kebudayaan yang berkembang di Asia Tenggara pada masa prasejarah. Kebudayaan ini menjadi salah satu kebudayaan terpenting dan memiliki pengaruh yang besar di wilayah ini. Pertanyaan yang diajukan adalah tentang tempat pertama kali kebudayaan Dongson berkembang, dan jawabannya adalah Vietnam.

Latar Belakang Dongson

Kebudayaan Dongson diperkirakan berkembang sekitar 1000 SM hingga 200 M di wilayah yang sekarang disebut Vietnam. Dongson mengambil namanya dari desa Dongson, yang terletak di provinsi Thanh Hoa, Vietnam.

Penemuan Situs Dongson

Dongson pertama kali dikenal melalui penemuan arkeologi pada awal abad ke-20. Situs-situs arkeologi utama Dongson ditemukan di wilayah delta Sungai Merah di utara Vietnam, terutama di sekitar provinsi Bac Ninh dan Hung Yen.

Ciri-ciri Kebudayaan Dongson

Kebudayaan Dongson ditandai oleh beberapa ciri khas yang membedakannya dari kebudayaan lainnya. Beberapa ciri tersebut antara lain:

  1. Pembuatan dan Penggunaan Benda Logam: Kebudayaan Dongson dikenal sebagai salah satu kebudayaan pertama di Asia Tenggara yang menguasai teknologi pembuatan logam. Mereka mahir dalam membuat alat-alat logam seperti kapak, pisau, dan tombak. Hal ini menunjukkan tingkat kemajuan kebudayaan ini pada masa itu.

  2. Seni Ukir dan Percetakan: Masyarakat Dongson juga terkenal karena keterampilan mereka dalam seni ukir dan pembuatan perhiasan. Mereka menggunakan ukiran dan percetakan pada berbagai benda seperti kapak logam, guci, dan percussional instrument yang ditemukan di situs-situs Dongson.

  3. Sistem Perdagangan yang Maju: Kebudayaan Dongson juga memiliki sistem perdagangan yang canggih. Ditemukannya benda-benda asing seperti perunggu, keramik, dan kaca di situs-situs Dongson menunjukkan adanya hubungan perdagangan dengan daerah-daerah sekitarnya, termasuk Tiongkok dan Asia Tenggara.

  4. Struktur Sosial Hierarkis: Dongson juga diduga memiliki struktur sosial yang hierarkis, yang ditandai oleh keberadaan pemimpin atau raja. Bukti-bukti arkeologis menunjukkan keberadaan piramida dan makam pemimpin Dongson, serta perlengkapan upacara pemakaman yang kaya.

BACA JUGA:   Kebudayaan Jepang

Warisan Dongson

Kebudayaan Dongson meninggalkan warisan yang signifikan di wilayah Asia Tenggara. Mereka mempengaruhi perkembangan kebudayaan di Vietnam dan daerah sekitarnya. Pembuatan logam, seni ukir, dan sistem perdagangan yang maju menjadi pola dasar bagi perkembangan budaya setelahnya.

Kesimpulan

Kebudayaan Dongson pertama kali berkembang di Vietnam, terutama di wilayah delta Sungai Merah. Kebudayaan ini memiliki ciri-ciri unik, seperti keahlian dalam pembuatan logam, seni ukir, sistem perdagangan yang maju, dan struktur sosial yang hierarkis. Pengaruh kebudayaan Dongson masih dapat dilihat dalam kebudayaan yang ada di Vietnam dan daerah sekitarnya hingga saat ini.

Also Read

Bagikan: