Kebudayaan Dongson: Peralatan dan Bahan

Clara Hassanah

Kebudayaan Dongson adalah peradaban yang berkembang di kawasan Asia Tenggara pada periode Dongson, sekitar abad ke-3 hingga ke-1 SM. Kebudayaan ini dikenal karena keahlian mereka dalam pembuatan peralatan dengan menggunakan berbagai jenis bahan. Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai ciri-ciri peralatan kebudayaan Dongson yang ditemukan berasal dari berbagai bahan.

  1. Batu: Salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan peralatan kebudayaan Dongson adalah batu. Batu digunakan untuk membuat berbagai macam alat seperti kapak, penggilingan, dan batu percussive. Kapak batu merupakan salah satu ciri yang sangat khas dari kebudayaan Dongson. Kapak tipe Go Ma Vuong merupakan jenis kapak yang paling dikenal dalam peradaban ini.

  2. Logam: Logam, terutama perunggu, juga merupakan ciri khas peralatan kebudayaan Dongson. Mereka menggunakan teknik pengecoran untuk menciptakan berbagai macam alat logam seperti celurit, tombak, perhiasan, dan alat musik. Salah satu penemuan yang menunjukkan keahlian mereka dalam logamurgi adalah gong Dongson, yang ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak di kawasan ini.

  3. Keramik: Kebudayaan Dongson juga menghasilkan peralatan dari bahan keramik. Meskipun keramik bukan bahan yang paling umum digunakan dalam peradaban ini, penemuan beberapa artefak keramik menunjukkan adanya penggunaan dan pembuatan peralatan seperti tembikar, wadah penyimpanan, dan peralatan dapur dari keramik.

  4. Bambu dan Kayu: Selain batu, logam, dan keramik, kebudayaan Dongson juga menggunakan bahan-bahan organik seperti bambu dan kayu. Mereka menggunakan bambu untuk membuat alat-alat seperti alat lempar, sumpit, dan alat-alat musik. Sementara itu, kayu digunakan untuk membuat peralatan pertanian, rumah, dan perahu.

Dalam kesimpulan, kebudayaan Dongson memiliki ciri-ciri peralatan yang ditemukan berasal dari berbagai bahan. Mereka menguasai teknik pembuatan peralatan dari batu, logam, keramik, bambu, dan kayu. Penemuan benda-benda seperti kapak batu, peralatan logam, artefak keramik, serta alat-alat dari bambu dan kayu, menjadi bukti akan kecerdasan dan kepiawaian kebudayaan Dongson dalam menciptakan peralatan yang beragam dan bermutu tinggi.

BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche di Indonesia

Also Read

Bagikan: