Kebudayaan Abris Sous Roche sebagai Bukti Manusia Purba

Victoria Suryatmi

Kebudayaan abris sous roche (tempat berteduh di bawah tebing) merupakan salah satu bukti yang sangat penting dalam mempelajari kehidupan manusia purba. Dalam kebudayaan ini, manusia purba tinggal di gua-gua atau tempat berteduh di bawah tebing yang terlindungi. Beberapa penggalian dan penelitian arkeologi telah mengungkap banyak temuan menarik di tempat-tempat ini, yang memberikan gambaran tentang cara hidup, ketrampilan, dan kebudayaan manusia purba.

Salah satu contoh kebudayaan abris sous roche yang terkenal adalah kebudayaan Lascaux di Prancis. Di gua Lascaux, ditemukan lukisan dinding yang menggambarkan berbagai hewan seperti bison, gambar manusia purba, dan simbol-simbol lainnya. Temuan ini memberikan bukti bahwa manusia purba sudah memiliki kecakapan membuat seni dan ekspresi kreatif.

Selain lukisan dinding, di dalam gua-gua dan abris sous roche lainnya, arkeolog juga menemukan alat-alat batu, sisa-sisa makanan, dan benda-benda lain yang digunakan oleh manusia purba. Temuan ini menunjukkan bahwa manusia purba telah menggunakan dan mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Kebudayaan abris sous roche juga memberikan bukti bahwa manusia purba sudah mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam berburu, mengumpulkan makanan, membuat peralatan, dan mengatur kehidupan sosial mereka. Dalam beberapa situs abris sous roche, ditemukan sisa-sisa perkemahan dan tanda-tanda pemukiman manusia purba. Ini menunjukkan bahwa mereka tinggal dalam kelompok-kelompok kecil dan mungkin telah memiliki sistem sosial yang terorganisir.

Seiring dengan perjalanan waktu, kebudayaan abris sous roche berkembang menjadi kebudayaan yang lebih kompleks seperti pada zaman batu. Manusia purba mulai menggunakan alat-alat yang lebih canggih, seperti alat-alat dari tulang dan tanduk, serta mulai mengembangkan teknik-teknik baru dalam membuat peralatan dan senjata.

BACA JUGA:   Peran Kebudayaan Daerah dalam Mendukung Kebudayaan Nasional

Kebudayaan abris sous roche juga memberikan gambaran tentang bagaimana manusia purba beradaptasi dengan lingkungan mereka. Kebanyakan gua-gua dan tempat berteduh di bawah tebing memberikan perlindungan dari cuaca buruk, dan juga merupakan tempat yang strategis untuk mencari makanan. Manusia purba belajar memanfaatkan lingkungan sekitar mereka untuk bertahan hidup dan berkembang.

Dalam kesimpulan, kebudayaan abris sous roche adalah bukti penting bahwa manusia purba telah ada dan berkembang pesat. Melalui lukisan dinding, alat-alat batu, sisa-sisa makanan, dan tanda-tanda pemukiman, kita dapat memahami lebih lanjut tentang cara hidup dan kebudayaan manusia purba. Kebudayaan ini juga memberikan gambaran bagaimana manusia purba beradaptasi dengan lingkungan mereka. Dengan mempelajari kebudayaan abris sous roche, kita dapat menghargai warisan manusia purba dan mengungkap misteri masa lalu.

Also Read

Bagikan: