Kebudayaan Abris Sous Roche

Padma Astuti

Abris sous roche adalah istilah dalam bahasa Prancis yang berarti "gua di bawah tebing". Gua ini menjadi tempat tinggal atau tempat perlindungan bagi beberapa kelompok manusia purba dalam menjalani kehidupan mereka. Dalam konteks kebudayaan, abris sous roche dapat memberikan banyak informasi tentang kehidupan manusia purba tersebut.

Asal Usul Abris Sous Roche

Abris sous roche terbentuk secara alami oleh erosi yang terjadi pada tebing atau batu karang. Tekanan air, angin, dan perubahan cuaca dapat mempengaruhi pembentukan gua ini. Dalam beberapa kasus, manusia prasejarah kemudian menggunakan gua-gua ini sebagai tempat tinggal atau tempat perlindungan. Beberapa abris sous roche telah ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti Prancis, Spanyol, Afrika Selatan, dan Australia.

Bukti Kebudayaan di Abris Sous Roche

  1. Seni Cadas: Salah satu ciri khas kebudayaan abris sous roche adalah adanya seni cadas atau seni prasejarah yang diukir pada dinding gua. Seni ini biasanya terdiri dari gambar-gambar atau simbol-simbol yang menggambarkan kehidupan sehari-hari manusia purba, hewan, atau objek yang berkaitan dengan kehidupan mereka. Contohnya adalah lukisan-lukisan di Gua Lascaux dan Gua Chauvet di Prancis yang menjadi saksi kebudayaan manusia prasejarah.

  2. Alat-alat Batu: Di abris sous roche, juga ditemukan berbagai jenis alat-alat batu yang digunakan oleh manusia purba. Alat-alat ini digunakan untuk berburu, memasak, atau membuat alat-alat lainnya. Mereka menggunakan batu yang keras untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

  3. Sisa-sisa Manusia dan Artefak: Selain seni cadas dan alat-alat batu, sering kali ditemukan pula sisa-sisa manusia purba dan artefak lainnya seperti kerangka, sisa-sisa makanan, atau alat-alat dari bahan lain seperti keramik atau tulang. Penemuan-penemuan ini memberikan informasi penting tentang kehidupan sosial, mata pencaharian, dan pola hidup manusia purba yang pernah tinggal di abris sous roche.

  4. Peninggalan Kebudayaan: Penelitian terhadap abris sous roche telah mengungkapkan bahwa manusia purba memiliki sistem sosial, kepercayaan, dan bahasa komunikasi mereka sendiri. Peninggalan seperti ukiran-ukiran pada dinding gua, benda-benda ritual, dan peralatan lainnya menunjukkan adanya kehidupan spiritual dan budaya yang kompleks pada masa itu.

BACA JUGA:   Budaya Non Benda Daerah Sumatera

Penemuan dan Penelitian Abris Sous Roche

Banyak abris sous roche yang ditemukan dan diteliti oleh para arkeolog. Penelitian terhadap gua-gua ini tidak hanya dilakukan untuk mengungkap sejarah manusia prasejarah, tetapi juga untuk memahami perkembangan kebudayaan manusia dari masa ke masa.

Beberapa studi pada abris sous roche telah menghasilkan penelitian lanjutan tentang evolusi manusia, hubungan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya, serta peran seni dan kepercayaan dalam kehidupan manusia purba.

Kesimpulan

Abris sous roche adalah gua bawah tebing yang menjadi tempat tinggal atau tempat perlindungan manusia purba. Melalui penemuan dan penelitian terhadap abris sous roche, kita dapat mempelajari kebudayaan manusia prasejarah melalui seni cadas, alat-alat batu, sisa-sisa manusia, artefak, dan peninggalan kebudayaan lainnya. Riset ini penting untuk memahami sejarah dan perkembangan kehidupan manusia sejak zaman prasejarah.

Also Read

Bagikan: