Jurusan SMK 1 Samarinda

Clara Hassanah

Di SMK 1 Samarinda, terdapat beberapa jurusan yang dapat dipilih oleh para siswa maupun siswi. Berikut adalah beberapa jurusan yang ditawarkan oleh SMK 1 Samarinda:

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di SMK 1 Samarinda. Jurusan ini menawarkan pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, dan teknologi informasi lainnya. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang bahasa pemrograman seperti Java, Python, atau C++, serta mengembangkan keahlian dalam merancang dan mengelola sistem informasi.

2. Teknik Elektronika

Jurusan Teknik Elektronika fokus pada pembelajaran tentang elektronika dan komponen-komponen elektronik. Para siswa akan mempelajari cara merakit dan memperbaiki berbagai perangkat elektronik seperti radio, televisi, atau peralatan elektronik lainnya. Mereka juga akan belajar tentang sistem kontrol, robotika, dan teknik pemrograman mikrokontroler.

3. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin mengajarkan siswa tentang desain, produksi, dan perawatan mesin-mesin industri serta alat-alat mekanik. Para siswa akan mempelajari bagaimana merancang dan memodelkan produk menggunakan perangkat lunak desain, serta mengembangkan keterampilan dalam perakitan dan perawatan mesin.

4. Teknik Otomotif

Jurusan Teknik Otomotif fokus pada pembelajaran tentang otomotif dan mekanik kendaraan bermotor. Para siswa akan mempelajari komponen-komponen kendaraan, sistem mesin, dan teknik perbaikan kendaraan. Mereka juga akan belajar tentang diagnosis kesalahan pada kendaraan dan cara mengatasi masalah-masalah umum yang terjadi pada mesin mobil atau sepeda motor.

5. Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis menawarkan pelajaran yang berkaitan dengan manajemen, keuangan, pemasaran, dan administrasi perkantoran. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang penanganan dokumen, administrasi kepegawaian, serta keterampilan dalam mengelola keuangan dan merencanakan strategi pemasaran.

BACA JUGA:   Tempat Les Membaca untuk Anak TK

6. Teknik Bangunan dan Konstruksi

Jurusan Teknik Bangunan dan Konstruksi mengajarkan siswa tentang desain bangunan, konstruksi, dan manajemen proyek. Para siswa akan belajar tentang perencanaan proyek, membaca gambar teknik, serta pemahaman mengenai rancangan struktur bangunan.

7. Akuntansi

Jurusan Akuntansi menekankan pada pembelajaran tentang pengelolaan keuangan, penanganan transaksi, serta analisis laporan keuangan. Para siswa akan belajar tentang prinsip akuntansi, penggunaan perangkat lunak akuntansi, serta cara menyusun laporan keuangan yang akurat.

8. Multimedia

Jurusan Multimedia fokus pada pembelajaran tentang pengembangan konten digital, audio-visual, dan desain grafis. Siswa akan belajar tentang pengeditan video, desain animasi, ilustrasi, serta pengembangan media interaktif.

Jadi, di SMK 1 Samarinda terdapat berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh siswa-siswi. Setiap jurusan memiliki fokus dan pengetahuan khusus yang dapat memberikan bekal bagi para siswa untuk memiliki karir di bidang yang mereka minati.

Also Read

Bagikan: