Pesantren Tazkia: Suryalaya Islamic Boarding School

Ella Winarsih

Pesantren Tazkia adalah salah satu pesantren terkenal di Indonesia yang terletak di Suryalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pesantren ini didirikan oleh KH. Didin Hafidhuddin pada tahun 2001 dan sejak itu menjadi salah satu pesantren yang banyak diminati oleh para santri di Indonesia.

Visi dan Misi Pesantren Tazkia

Visi dari Pesantren Tazkia adalah menjadi pusat pendidikan Islam yang unggul dalam menghasilkan generasi yang berkualitas, unggul dalam akhlaq, berwawasan global, dan mampu menghadapi tantangan dunia modern. Pesantren ini juga memiliki misi untuk menghafal, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an, serta mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan umat.

Program Pendidikan

Pesantren Tazkia menawarkan program pendidikan selama 3 tahun untuk tingkat SMP dan 4 tahun untuk tingkat SMA. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pendidikan tinggi yaitu S1 Keuangan Syariah dan Ekonomi Syariah yang ditempuh dalam waktu 4 tahun.

Dalam proses pendidikan, Pesantren Tazkia menekankan pada pembinaan akhlak yang baik, pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, serta penguasaan ilmu pengetahuan umum. Para santri juga diajarkan berbagai keterampilan dan keahlian seperti keterampilan komunikasi, manajemen waktu, dan pemecahan masalah.

Pendidikan Ekstrakurikuler

Selain program pendidikan formal, Pesantren Tazkia juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat bakat santri. Beberapa ekstrakurikuler yang ditawarkan adalah olahraga, seni dan budaya, bahasa asing, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

Sarana dan Prasarana

Pesantren Tazkia dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar. Terdapat bangunan asrama untuk para santri, masjid, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium keuangan syariah, dan pusat kegiatan mahasiswa.

BACA JUGA:   Universitas Negeri di Probolinggo

Lingkungan Pesantren

Lingkungan Pesantren Tazkia sangat kondusif untuk proses belajar mengajar dan pengembangan diri santri. Pesantren ini berlokasi di daerah perbukitan yang asri dan sejuk. Suasana alam yang hijau dan udara yang segar menciptakan atmosfer yang nyaman dan mendukung dalam belajar.

Para santri juga mendapatkan pendampingan dari para ustadz dan ustadzah yang ahli di bidangnya. Mereka memberikan bimbingan dan pembinaan secara intensif untuk mengarahkan santri agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, cerdas, dan mandiri.

Kolaborasi dengan Dunia Industri

Salah satu keunggulan Pesantren Tazkia adalah kolaborasinya dengan dunia industri. Pesantren ini menjalin kerjasama dengan perusahaan dan lembaga keuangan syariah ternama untuk memberikan kesempatan belajar dan magang kepada para santri. Hal ini bertujuan agar santri memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai dunia kerja dan keterampilan praktis yang relevan.

Alumni Pesantren Tazkia

Pesantren Tazkia telah melahirkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang. Banyak lulusan pesantren ini yang menjadi pemimpin di berbagai instansi dan perusahaan, serta menjalankan usaha sendiri yang sukses. Mereka telah menerapkan nilai-nilai islami yang mereka pelajari di Pesantren Tazkia dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia profesional.

Kesimpulan

Pesantren Tazkia, yang terletak di Suryalaya, Bandung, adalah pesantren yang memiliki reputasi baik dalam menghasilkan generasi santri yang berkualitas dengan pemahaman agama yang baik dan penguasaan ilmu pengetahuan umum yang relevan. Pesantren ini juga menawarkan program pendidikan tinggi dalam bidang keuangan syariah dan ekonomi syariah. Pesantren Tazkia memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan akhlak, pengembangan potensi, dan kolaborasi dengan dunia industri.

Also Read

Bagikan: