Yang Dimaksud dengan Kebudayaan Dongson

Elvina Rahimah

Kebudayaan Dongson adalah sebuah kebudayaan prasejarah yang berasal dari wilayah Dongson, yaitu daerah yang sekarang dikenal sebagai Vietnam Utara. Kebudayaan ini mendapatkan namanya dari situs Dongson, yang merupakan kompleks arkeologi yang pertama kali ditemukan pada tahun 1924. Kebudayaan Dongson mencapai puncak perkembangannya sekitar abad ke-7 hingga ke-3 SM.

Ciri-ciri Kebudayaan Dongson

Kebudayaan Dongson memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari kebudayaan prasejarah lainnya. Beberapa ciri yang paling menonjol antara lain:

  1. Perkembangan Teknologi: Kebudayaan Dongson dikenal karena kemahirannya dalam pengolahan logam, terutama perunggu. Mereka menghasilkan berbagai macam benda logam seperti pedang, tombak, belati, dan perhiasan dari perunggu. Kemahiran pengolahan logam mereka dianggap sebagai salah satu prestasi teknologi terkemuka pada masa itu.

  2. Kompleks Perkampungan: Kebudayaan Dongson juga dikenal memiliki perkampungan yang terorganisir dengan baik. Perkampungan ini terdiri dari rumah-rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan atap jerami. Mereka juga memiliki sistem irigasi yang canggih untuk bercocok tanam padi.

  3. Pola Kehidupan Agraris: Kebudayaan Dongson didominasi oleh pola kehidupan agraris, di mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan nelayan. Mereka mengembangkan sistem pertanian yang maju, termasuk pemulaian padi dalam kolam sawah yang tergenang air.

  4. Seni dan Kerajinan Tangan: Kebudayaan Dongson memiliki seni dan kerajinan tangan yang berkembang pesat. Mereka menghasilkan ukiran kayu yang indah, karya seni tembikar yang halus, dan patung perunggu yang mengesankan. Beberapa patung perunggu Dongson menggambarkan tokoh manusia, hewan, dan dewa-dewi.

Pengaruh Kebudayaan Dongson

Pada masa kejayaannya, Kebudayaan Dongson memiliki pengaruh yang kuat di kawasan Asia Tenggara. Mereka berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dan menjalin hubungan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan di sekitarnya. Pengaruh Dongson dapat dilihat dalam seni, arsitektur, dan teknologi di berbagai wilayah, termasuk Vietnam, Kamboja, Laos, dan wilayah lain di Asia Tenggara.

BACA JUGA:   Tujuh Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Selain itu, Kebudayaan Dongson juga mempengaruhi pembentukan beberapa kerajaan di kawasan tersebut. Beberapa kerajaan seperti Kerajaan Champa dan Kerajaan Funan dipengaruhi oleh kebudayaan dan teknologi Dongson dalam pengolahan logam. Kerajaan-kerajaan ini memiliki hubungan yang erat dengan Dongson dan mengadopsi beberapa aspek kebudayaannya.

Penemuan Arkeologi

Penemuan arkeologi di situs Dongson memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan masyarakat Dongson. Di situs tersebut ditemukan berbagai artefak logam, karya seni, dan sisa-sisa perkampungan, yang menjadi bukti kecanggihan budaya dan teknologi mereka.

Penemuan arkeologi juga membantu dalam meneliti sistem sosial dan politik kebudayaan Dongson. Diperkirakan ada sistem hierarki di dalam masyarakat Dongson, di mana beberapa kelompok memiliki akses yang lebih besar terhadap sumber daya dan kekuasaan. Penemuan arkeologi juga mengungkapkan adanya hubungan perdagangan yang kuat dengan wilayah lain.

Kesimpulan

Kebudayaan Dongson adalah kebudayaan prasejarah yang berkembang di wilayah Vietnam Utara, dengan teknologi pengolahan logam yang mumpuni dan kompleks perkampungan yang terorganisir. Kebudayaan ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat Asia Tenggara pada masa itu. Penemuan arkeologi di situs Dongson memberikan wawasan penting tentang kehidupan dan warisan budaya masyarakat Dongson.

Also Read

Bagikan: