Universitas di Padang Sidempuan

Ella Winarsih

Padang Sidempuan merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara yang juga menjadi ibu kota dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Kota ini juga memiliki beberapa universitas yang bisa menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Padang Sidempuan. Berikut adalah beberapa universitas di Padang Sidempuan:

1. Universitas Muhammadiyah Padang Sidempuan (UMPS)

UMPS adalah sebuah universitas yang berada di Padang Sidempuan. Universitas ini didirikan pada tahun 1965 dan merupakan bagian dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. UMPS menawarkan berbagai macam program studi mulai dari bidang agama, hukum, ekonomi, teknik, dan lain-lain. Universitas ini telah terakreditasi dengan baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sehingga kualitas pendidikan yang mereka berikan dapat diandalkan.

2. Universitas Saroha

Universitas Saroha juga merupakan salah satu universitas yang terletak di Padang Sidempuan. Universitas ini didirikan pada tahun 1982 dan sejak itu menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di daerah tersebut. Universitas Saroha memiliki berbagai program studi, di antaranya adalah ilmu hukum, agribisnis, teknik sipil, dan ilmu komunikasi. Seluruh program studi yang ditawarkan telah terakreditasi oleh BAN-PT.

3. Universitas Muara Toba (UMT)

UMT adalah salah satu universitas yang berlokasi di Padang Sidempuan. Universitas ini didirikan pada tahun 1991 dengan tujuan untuk mendukung pengembangan pendidikan di daerah tersebut. UMT menawarkan berbagai program studi yang mencakup bidang teknik, ekonomi, dan hukum. Universitas ini juga telah melaksanakan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan yang mereka berikan.

BACA JUGA:   Analisis Mengenai "SDN Pusaka Rakyat 02"

4. Universitas PGRI Padang Sidempuan

Universitas PGRI Padang Sidempuan dikenal juga dengan nama PGRI-Universitas Kijang. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Padang Sidempuan. Didirikan pada tahun 1984, Universitas PGRI Padang Sidempuan menawarkan program studi dalam berbagai bidang seperti ekonomi, bahasa Inggris, teknik elektro, dan ilmu komunikasi. Universitas ini juga telah terakreditasi oleh BAN-PT.

5. Institut Teknologi Padang Sidempuan (ITPS)

ITPS adalah sebuah institut teknologi yang terletak di Padang Sidempuan. Institut ini didirikan pada tahun 2018 sebagai hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Kota Padang Sidempuan. ITPS menawarkan program studi di bidang teknik mesin, teknik informatika, teknik sipil, dan lain-lain. Meskipun baru didirikan, ITPS telah memiliki fasilitas dan kurikulum yang modern untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Itulah beberapa universitas yang ada di Padang Sidempuan. Setiap universitas tersebut memiliki keunggulan dan program studi yang berbeda-beda, sehingga calon mahasiswa dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Penting bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di Padang Sidempuan.

Also Read

Bagikan: