Unbara Baturaja

Clara Hassanah

Unbara Baturaja adalah sebuah acara tahunan yang diadakan di kota Baturaja, Sumatera Selatan. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk mengenalkan kebudayaan dan seni tradisional daerah kepada masyarakat luas. Dalam acara ini, berbagai pertunjukan dan kegiatan budaya digelar untuk meningkatkan apresiasi terhadap warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Baturaja.

Latar Belakang

Baturaja merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang kaya akan kebudayaan tradisional. Kehidupan masyarakat di kota ini masih sangat terikat dengan tradisi dan adat istiadat. Salah satu cara untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan tradisional tersebut adalah melalui acara Unbara Baturaja.

Arti dari "Unbara"

Unbara adalah singkatan dari "Upacara Ngarot Babasan Rakyat" yang memiliki makna "upacara untuk menyambut tamu dengan perasaan tulus ikhlas". Ngarot adalah tradisi dalam budaya Baturaja yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada tamu yang datang. Dalam Unbara Baturaja, upacara Ngarot menjadi salah satu bagian yang paling penting dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tujuan Unbara Baturaja

Di balik penyelenggaraan acara ini, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain:

  1. Menjaga dan melestarikan kebudayaan tradisional Baturaja: Melalui Unbara Baturaja, diharapkan kebudayaan tradisional Baturaja dapat tetap hidup dan tidak terlupakan oleh generasi muda. Dengan mengadakan pertunjukan dan kegiatan budaya, diharapkan masyarakat Baturaja dapat terus menjaga dan melestarikan kebudayaan mereka.

  2. Meningkatkan pariwisata lokal: Dengan adanya Unbara Baturaja, diharapkan akan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Baturaja. Pertunjukan seni tradisional dan kegiatan budaya yang menarik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengetahui lebih dekat tentang kebudayaan Baturaja.

  3. Mewujudkan kebersamaan dan persatuan: Unbara Baturaja juga bertujuan untuk mempererat hubungan antar masyarakat Baturaja. Melalui partisipasi dalam acara Unbara, masyarakat dapat saling bergandengan tangan dalam melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Baturaja.

BACA JUGA:   SDIT Cikarang

Rangkaian Acara Unbara Baturaja

Unbara Baturaja biasanya berlangsung selama beberapa hari dan melibatkan berbagai pertunjukan dan kegiatan budaya. Beberapa rangkaian acara yang biasanya ada dalam Unbara Baturaja antara lain:

  1. Upacara Pembukaan: Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang diisi dengan tarian tradisional, sambutan dari tokoh masyarakat, dan ditandai dengan pemukulan gong.

  2. Pertunjukan Seni Tradisional: Dalam acara ini, masyarakat Baturaja akan mempersembahkan berbagai pertunjukan seni tradisional seperti tarian, musik, teater, dan seni rupa.

  3. Pameran Kebudayaan: Di samping pertunjukan seni tradisional, juga terdapat pameran kebudayaan yang menampilkan berbagai hasil karya seni dan kerajinan lokal dari Baturaja. Pengunjung dapat melihat dan membeli berbagai produk kerajinan khas Baturaja.

  4. Lomba Adat dan Kesenian: Sebagai bagian dari acara Unbara, juga diadakan lomba adat dan kesenian yang diikuti oleh masyarakat Baturaja. Lomba-lomba ini melibatkan berbagai elemen kebudayaan seperti tari, musik, busana adat, dan seni rupa.

Kesimpulan

Unbara Baturaja merupakan acara tahunan yang diadakan di kota Baturaja, Sumatera Selatan. Acara ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan tradisional Baturaja, meningkatkan pariwisata lokal, dan mempererat persatuan masyarakat. Rangkaian acara Unbara meliputi pertunjukan seni tradisional, pameran kebudayaan, dan lomba adat dan kesenian. Acara ini menjadi momen penting untuk mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Baturaja.

Also Read

Bagikan: