Taman Kanak-kanak Muhammadiyah Surabaya

Clara Hassanah

Taman Kanak-kanak (TK) Muhammadiyah Surabaya adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di kota Surabaya. TK Muhammadiyah Surabaya tergabung dalam jaringan pendidikan Muhammadiyah yang memiliki visi untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan memiliki akhlak mulia.

Visi dan Misi

TK Muhammadiyah Surabaya memiliki visi untuk mencetak generasi muda yang memiliki ketakwaan dan kualitas pendidikan yang unggul. Untuk mencapai visi tersebut, TK Muhammadiyah Surabaya memiliki beberapa misi:

  1. Menyediakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak.
  2. Mengedepankan pendidikan karakter yang didasarkan pada ajaran Islam.
  3. Menerapkan kurikulum yang berfokus pada perkembangan keseluruhan anak, termasuk aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.
  4. Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak.
  5. Mengembangkan potensi anak secara holistik, termasuk pengembangan bakat dan minat anak.

Kurikulum

TK Muhammadiyah Surabaya memiliki kurikulum yang dirancang untuk memenuhi perkembangan anak usia dini. Kurikulum ini mencakup berbagai aspek pembelajaran, seperti:

  1. Pendidikan Agama: Anak-anak diajar tentang ajaran Islam, nilai-nilai moral, dan akhlak mulia.
  2. Bahasa dan Komunikasi: Anak-anak dilatih untuk berkomunikasi secara efektif, baik melalui bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  3. Kognitif: Anak-anak diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar dalam matematika, sains, dan logika.
  4. Psikomotorik: Anak-anak dilibatkan dalam berbagai aktivitas fisik seperti olahraga, senam, dan permainan kelompok yang melatih keterampilan motorik mereka.
  5. Seni dan Kreativitas: Anak-anak diajak untuk mengekspresikan diri melalui seni dan aktivitas kreatif seperti melukis, bernyanyi, menari, dan bermain musik.

Fasilitas

TK Muhammadiyah Surabaya menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran anak-anak, seperti:

  1. Kelas yang nyaman dan terorganisir dengan baik.
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku anak-anak yang beragam.
  3. Ruang bermain yang dilengkapi dengan permainan edukatif.
  4. Area bermain outdoor dengan taman bermain dan fasilitas olahraga.
  5. Ruang makan yang bersih dan sehat untuk makan bersama.
BACA JUGA:   SMK Multimedia Bogor

Partisipasi Orang Tua

TK Muhammadiyah Surabaya mendorong partisipasi orang tua dalam pendidikan anak-anak. Orang tua diundang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti pertemuan orang tua guru, pameran karya anak, dan kegiatan sosial lainnya. Dengan melibatkan orang tua, TK Muhammadiyah Surabaya bertujuan untuk menciptakan sinergi antara pendidikan di sekolah dan di rumah, agar anak-anak mendapatkan dukungan penuh dalam perkembangan mereka.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain aktivitas pembelajaran di dalam kelas, TK Muhammadiyah Surabaya juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan antara lain:

  1. Seni Musik: Anak-anak dapat belajar memainkan alat musik, seperti piano, gitar, atau drum.
  2. Seni Tari: Anak-anak diajak untuk belajar tarian tradisional atau modern.
  3. Olahraga: Anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti futsal, bulutangkis, atau renang.
  4. Keterampilan Kreatif: Anak-anak diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan seperti kerajinan tangan, memasak, atau pembuatan seni rupa.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini, TK Muhammadiyah Surabaya berharap dapat melengkapi pembelajaran di dalam kelas dan membantu anak-anak menemukan dan mengembangkan minat mereka.

Kesimpulan

Dengan pendekatan pendidikan yang holistik dan kualitas pendidikan yang terjaga, TK Muhammadiyah Surabaya merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang tua yang mencari tempat terbaik untuk anak-anak mereka tumbuh dan berkembang. Dengan mengutamakan pendidikan karakter Islami dan memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, TK Muhammadiyah Surabaya berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang berakhlak mulia dan berkualitas.

Also Read

Bagikan: