Pemetaan Pendidikan Dasar dan Menengah di Amerika Serikat pada Tahun 2018

Darma Kai

Latar Belakang

Pendidikan dasar dan menengah adalah sektor penting dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat memiliki tanggung jawab untuk memastikan akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas bagi semua warga negara. Pada tahun 2018, terdapat sejumlah inisiatif dan kebijakan yang diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan dasar dan menengah di negara tersebut.

Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah di Amerika Serikat

Sistem pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat terdiri dari dua tingkat, yaitu pendidikan dasar (SD, SMP) dan menengah (SMA). Pendidikan dasar umumnya dimulai pada tingkat Kindergarten (TK) atau Pre-Kindergarten (Pre-TK) untuk anak usia 4-5 tahun, dan dilanjutkan hingga tingkat ke-12. Pendidikan menengah terdiri dari tingkat 6-8 (Middle School) dan tingkat 9-12 (High School).

Pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah negara bagian, dan pemerintah lokal. Setiap negara bagian memiliki kebijakan dan prosedur pendidikan yang sedikit berbeda, termasuk kurikulum, standar pembelajaran, dan metode penilaian.

Kebijakan dan Inisiatif Tahun 2018

Pada tahun 2018, Amerika Serikat menghadapi beberapa tantangan dalam sektor pendidikan dasar dan menengah. Beberapa kebijakan dan inisiatif yang diambil untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:

  1. Standar Pendidikan Dasar Bersama (Common Core State Standards): Common Core adalah serangkaian standar akademik yang menguraikan apa yang harus dipelajari siswa di setiap tingkat dan mata pelajaran. Tujuan dari Common Core adalah untuk mempersiapkan siswa agar siap menghadapi tantangan akademik di dunia yang terus berkembang. Pada tahun 2018, mayoritas negara bagian di Amerika Serikat sudah mengadopsi Common Core sebagai kurikulum yang digunakan di sekolah-sekolah mereka.

  2. Peningkatan Akses Teknologi: Untuk mendukung pendidikan di era digital, pemerintah dan lembaga pendidikan di Amerika Serikat terus berinvestasi dalam infrastruktur teknologi, seperti akses internet dan perangkat keras. Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang setara terhadap sumber daya dan alat pembelajaran digital.

  3. Kebijakan Difabel Pendidikan: Amerika Serikat menerapkan kebijakan pendidikan inklusif yang mengharuskan sekolah-sekolah untuk menyediakan akses dan dukungan bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Pada tahun 2018, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan dan sumber daya untuk meningkatkan pendidikan dalam hal inklusi dan dukungan bagi siswa difabel.

  4. Program Penguatan Guru: Pemerintah Amerika Serikat menyadari pentingnya peran guru dalam sistem pendidikan. Pada tahun 2018, berbagai inisiatif diluncurkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru, termasuk program pengembangan profesional, peningkatan pengajaran STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika), serta peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi pendidikan.

BACA JUGA:   SMK Swasta di Jakarta Timur

Kesimpulan

Pada tahun 2018, Amerika Serikat menetapkan berbagai kebijakan dan inisiatif untuk meningkatkan pendidikan dasar dan menengah. Melalui adopsi Common Core, peningkatan akses teknologi, kebijakan pendidikan inklusif, serta program penguatan guru, pemerintah Amerika Serikat berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dan setara bagi semua siswa.

Also Read

Bagikan:

Tags