Suku Sunda berasal dari wilayah

Ella Winarsih

Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berada di Indonesia. Mereka berasal dari wilayah Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah serta Jawa Timur. Wilayah ini disebut Sunda. Suku Sunda merupakan suku bangsa terbesar di Jawa Barat. Mereka memiliki budaya, bahasa, dan tradisi yang khas.

Wilayah asli Suku Sunda terletak di sekitar Gunung Salak, Parahyangan, dan Priangan. Daerah ini dikenal dengan keindahan danau, gunung, dan pemandangan alam yang mempesona. Sejak dahulu, Suku Sunda hidup sebagai petani dan nelayan. Mereka menggantungkan hidup dari hasil pertanian seperti padi, jagung, dan ubi kayu, serta melaut untuk mencari ikan.

Budaya Suku Sunda sangat kaya dan beragam. Salah satu budaya yang terkenal adalah wayang golek, seni pertunjukan boneka kayu yang menceritakan kisah-kisah epik. Musik tradisional seperti angklung dan gamelan juga merupakan bagian penting dari budaya Sunda. Selain itu, tari jaipong dan tari topeng cirebon juga merupakan warisan budaya yang melekat pada Suku Sunda.

Bahasa Sunda juga digunakan oleh Suku Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa ini memiliki dialek yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Suku Sunda memiliki tradisi lisan yang kuat, seperti pantun dan cerita rakyat. Mereka juga memiliki kalender kuno yang dikenal sebagai Pawukon Sunda, yang masih digunakan hingga saat ini.

Pada masa lalu, wilayah Sunda pernah menjadi kerajaan yang kuat, seperti Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Pajajaran. Namun, setelah Indonesia merdeka, Suku Sunda menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wilayah Sunda tersebar di beberapa provinsi di Pulau Jawa dan jumlah penduduknya mencapai jutaan orang.

Dalam perkembangannya, Suku Sunda juga telah beradaptasi dengan zaman modern. Banyak suku Sunda yang memiliki profesi sebagai pengusaha, seniman, dan profesional di berbagai bidang. Namun, mereka tetap menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi mereka. Festival dan acara budaya juga sering diadakan untuk mempromosikan warisan budaya Sunda kepada dunia.

BACA JUGA:   Pengakuan UNESCO terhadap Kebudayaan Indonesia

Dalam kesimpulannya, suku Sunda berasal dari wilayah Jawa Barat, Banten, serta sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka memiliki budaya, bahasa, dan tradisi yang khas. Dalam sejarahnya, Suku Sunda pernah memiliki kerajaan yang kuat dan sekarang telah menjadi bagian dari Indonesia. Meskipun telah beradaptasi dengan zaman modern, Suku Sunda tetap mempertahankan dan melestarikan kebudayaan mereka sebagai identitas yang berharga.

Also Read

Bagikan: