SMKN 65 Jakarta

Clara Hassanah

SMKN 65 Jakarta adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jakarta. Sekolah ini menyediakan berbagai program keahlian yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Program Keahlian

SMKN 65 Jakarta menawarkan berbagai program keahlian yang siap mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi di perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa program keahlian yang disediakan:

  1. Teknik Informatika
    Program keahlian ini merupakan program yang mempelajari pembuatan, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat lunak serta sistem komputer. Siswa akan mempelajari bahasa pemrograman, basis data, jaringan komputer, desain grafis, dan lain-lain.

  2. Keahlian Akuntansi
    Program keahlian ini mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang akuntansi. Siswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, pengelolaan keuangan, perpajakan, serta pemahaman tentang peraturan dan hukum yang berlaku di bidang keuangan.

  3. Teknik Elektronika
    Program keahlian ini mempelajari tentang pembuatan, perbaikan, dan pemeliharaan sistem elektronika. Siswa akan mempelajari dasar-dasar elektronika, pemrograman mikrokontroler, instalasi listrik, serta desain dan perakitan rangkaian elektronika.

  4. Keahlian Teknik Otomotif
    Program keahlian ini mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga ahli di bidang otomotif. Siswa akan belajar tentang mesin-mesin otomotif, sistem kelistrikan, sistem chasis, serta perbaikan dan pemeliharaan kendaraan bermotor.

Fasilitas

SMKN 65 Jakarta juga memiliki berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran siswa. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Laboratorium Komputer
    Fasilitas ini digunakan untuk praktikum mata pelajaran teknik informatika. Siswa dapat belajar dan mengembangkan keterampilan komputer dalam lingkungan yang nyaman dan lengkap.

  • Laboratorium Akuntansi
    Bagi siswa yang mengambil program keahlian akuntansi, mereka dapat menggunakan fasilitas ini untuk praktik perhitungan dan pembukuan akuntansi.

  • Bengkel Otomotif
    Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan dan instrumen yang diperlukan untuk praktik perbaikan dan pemeliharaan kendaraan. Siswa dapat belajar secara langsung tentang sistem otomotif dan melakukan praktik di bengkel ini.

  • Ruang Teori
    SMKN 65 Jakarta juga memiliki ruang-ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas audio visual untuk mendukung proses pembelajaran siswa.

BACA JUGA:   Kursus Mobil di Sidoarjo

Program Keprofesian Guru

Selain menyediakan program keahlian untuk siswa, SMKN 65 Jakarta juga aktif dalam meningkatkan kualitas guru-gurunya melalui program keprofesian guru. Program ini memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para guru agar mereka dapat mengembangkan kemampuan mengajar dan mendapatkan pembaruan terkait dengan perkembangan teknologi dan pendidikan.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SMKN 65 Jakarta juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

  • Klub Pencak Silat
    Siswa dapat bergabung dalam klub pencak silat untuk mengembangkan keterampilan bela diri dan menjaga kesehatan tubuh.

  • Klub Multimedia
    Bagi siswa yang memiliki minat di bidang desain grafis, fotografi, dan videografi, mereka dapat bergabung dalam klub multimedia untuk mengembangkan kemampuan kreatif mereka.

  • Klub Volly
    Bagi siswa yang memiliki minat di olahraga voli, mereka dapat bergabung dalam klub volly untuk mengembangkan kemampuan permainan voli dan mengikuti berbagai kompetisi.

  • Klub Kewirausahaan
    Klub ini adalah tempat bagi siswa yang memiliki minat di bidang kewirausahaan. Mereka dapat belajar tentang bagaimana menciptakan ide bisnis, mengelola keuangan, serta memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Penutup

SMKN 65 Jakarta adalah sekolah menengah kejuruan yang menyediakan berbagai program keahlian yang relevan dengan dunia kerja. Dengan dukungan fasilitas yang memadai, program keprofesian guru, dan kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, siswa di SMKN 65 Jakarta memiliki kesempatan untuk berkembang dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Also Read

Bagikan: