SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo

Padma Astuti

SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Wonosobo, Jawa Tengah. Sekolah ini memiliki keunikan di dalam kurikulumnya, karena fokus utamanya adalah pada pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an. Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail tentang beberapa aspek yang relevan mengenai SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo.

Visi dan Misi

Visi dari SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo adalah menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam pembentukan dan pengembangan generasi Qur’ani yang mampu mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Misi yang diemban oleh sekolah ini antara lain:

  1. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa untuk menguasai ilmu Al Qur’an secara komprehensif.
  2. Menumbuhkan kesadaran dan kecintaan siswa terhadap Al Qur’an sebagai petunjuk hidup.
  3. Mengembangkan keterampilan siswa dalam menyampaikan ayat-ayat Al Qur’an dengan baik dan benar.
  4. Meningkatkan pemahaman siswa tentang Al Qur’an sebagai sumber pedoman dalam setiap aspek kehidupan.

Program Keahlian

SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo menawarkan beberapa program keahlian yang berfokus pada pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an. Beberapa program keahlian yang ditawarkan antara lain:

1. Program Keahlian Qur’an Hadits

Program keahlian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang Al Qur’an dan Hadits secara teoritis dan praktis. Materi yang diajarkan meliputi ilmu tafsir, ilmu hadits, dan berbagai disiplin ilmu terkait dengan pemahaman Al Qur’an.

2. Program Keahlian Tahfizh Al Qur’an

Program keahlian ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menghafal Al Qur’an secara baik dan benar. Siswa akan diajarkan teknik dan metode yang efektif dalam menghafal Al Qur’an serta praktek membaca dan menghafal ayat-ayat Al Qur’an.

BACA JUGA:   Pondok Pesantren di Pekanbaru

3. Program Keahlian Pengajaran Al Qur’an

Program keahlian ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga pengajar atau pendidik yang kompeten dalam bidang pengajaran Al Qur’an. Siswa akan diajarkan keterampilan mengajar, metode pengajaran, dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan pengajaran Al Qur’an.

Fasilitas

SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, antara lain:

  • Ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas audio visual.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku-buku Al Qur’an dan literatur terkait.
  • Studio pembelajaran tahfizh Al Qur’an yang dilengkapi dengan bimbingan dan pengawasan khusus.
  • Laboratorium komputer untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran.

Kerjasama dan Prestasi

SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran Al Qur’an. Sekolah ini juga memiliki beberapa prestasi yang membanggakan, di antaranya:

  • Juara 1 Lomba Tahfizh Al Qur’an tingkat nasional.
  • Meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dalam bidang pendidikan Al Qur’an.
  • Terpilih menjadi sekolah percontohan dalam penerapan kurikulum Al Qur’an.

Dengan keunikan kurikulum yang fokus pada Al Qur’an, SMK Takhassus Al Qur’an Wonosobo memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendalami dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program keahlian yang disediakan dan fasilitas yang memadai, diharapkan siswa dapat menjadi generasi Qur’ani yang mampu berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Also Read

Bagikan: