Boarding School di Surabaya

Clara Hassanah

Boarding school atau sekolah perintis adalah jenis sekolah di mana siswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga tinggal di asrama sekolah. Di Surabaya, terdapat beberapa boarding school yang menyediakan pendidikan berkualitas dan pengalaman belajar yang unik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang boarding school di Surabaya dan manfaat yang dapat diperoleh siswa yang sekolah di sana.

1. Al-Azhar Boarding School

Salah satu boarding school terkemuka di Surabaya adalah Al-Azhar Boarding School. Sekolah ini menawarkan program pendidikan yang holistik, yang meliputi kurikulum akademik yang komprehensif dan pendidikan agama yang kuat. Dalam asrama sekolah, siswa akan tinggal bersama dengan teman sebaya dari berbagai latar belakang dan budaya, sehingga mereka dapat belajar untuk hidup dalam komunitas yang beragam.

Al-Azhar Boarding School tidak hanya fokus pada akademik dan pendidikan agama, tetapi juga menekankan nilai-nilai seperti kepemimpinan, kemandirian, dan kebersihan. Siswa akan terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga, seni, dan kegiatan sosial, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepribadian mereka.

2. Santa Laurensia Boarding School

Santa Laurensia Boarding School adalah boarding school internasional yang terletak di Surabaya. Sekolah ini menawarkan program pendidikan yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Kurikulum di sini menekankan pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kreatif.

Di asrama sekolah, siswa akan tinggal bersama teman-teman dari berbagai negara, sehingga mereka dapat belajar tentang budaya yang berbeda. Selain kelas reguler, siswa juga akan terlibat dalam kegiatan eksplorasi alam dan kepemimpinan yang direncanakan secara terstruktur.

BACA JUGA:   Biaya Masuk SD Al Azhar Malang

3. Sutomo Boarding School Surabaya

Sutomo Boarding School Surabaya adalah boarding school yang terletak di tengah kota Surabaya. Sekolah ini menawarkan program pendidikan yang berfokus pada akademik yang berkualitas tinggi dan pengembangan karakter siswa. Dalam lingkungan yang aman dan nyaman, siswa disediakan fasilitas belajar yang lengkap, termasuk perpustakaan, laboratorium, dan ruang kelas yang modern.

Selain itu, Sutomo Boarding School Surabaya juga mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti debat, drama, dan kewirausahaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas wawasan siswa, mengembangkan keterampilan komunikasi mereka, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia nyata.

Manfaat Boarding School di Surabaya

Adapun manfaat yang diperoleh siswa yang sekolah di boarding school di Surabaya antara lain:

  1. Lingkungan belajar yang mendukung: Dengan tinggal di asrama sekolah, siswa dapat mengalami lingkungan belajar yang konsisten dan terorganisir. Mereka akan memiliki waktu yang teratur untuk belajar dan memiliki akses mudah ke fasilitas belajar seperti perpustakaan dan laboratorium.

  2. Pengembangan kepribadian dan kemandirian: Hidup di boarding school mendorong siswa untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Mereka harus melakukan tugas-tugas harian mereka sendiri, seperti membersihkan kamar dan mengelola waktu mereka dengan bijaksana.

  3. Pertemanan yang erat: Tinggal bersama dengan teman sebaya dari pagi hingga malam menghasilkan pembentukan hubungan yang erat. Siswa akan belajar tentang kerjasama, toleransi, dan menghormati perbedaan. Ini akan membantu mereka membangun keterampilan sosial dan memperluas jejaring sosial mereka.

  4. Pembentukan karakter: Dalam lingkungan yang terstruktur dan disiplin, siswa di boarding school diajarkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, integritas, dan keteladanan. Mereka akan diajarkan untuk menghormati aturan dan nilai-nilai moral yang penting dalam kehidupan.

  5. Persiapan untuk masa depan: Boarding school di Surabaya menawarkan persiapan yang komprehensif untuk masa depan siswa. Dalam kurikulum yang beragam, siswa akan belajar keterampilan akademik yang penting dan juga keterampilan hidup yang relevan dengan dunia kerja.

BACA JUGA:   Daftar Pondok Pesantren di Sidoarjo

Dalam kesimpulannya, boarding school di Surabaya menawarkan pendidikan yang holistik dan pengalaman belajar yang unik. Siswa yang sekolah di sana akan mendapatkan manfaat seperti lingkungan belajar yang konsisten, pengembangan kepribadian dan kemandirian, pertemanan yang erat, pembentukan karakter, dan persiapan yang komprehensif untuk masa depan. Jadi, bagi siswa yang mencari pengalaman pendidikan yang berbeda, boarding school di Surabaya dapat menjadi pilihan yang baik.

Also Read

Bagikan: