SMK Sunan Giri Menganti

Ella Winarsih

SMK Sunan Giri Menganti merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini mengutamakan pendidikan vokasi yang bertujuan untuk melatih siswa dalam bidang keahlian tertentu agar siap terjun ke dunia kerja setelah lulus.

Profil Sekolah

SMK Sunan Giri Menganti didirikan pada tahun 1983 dan telah beroperasi lebih dari empat dekade. Sekolah ini memiliki reputasi yang baik sebagai lembaga pendidikan yang kompeten dalam bidang kejuruan. Dengan visi "Menghasilkan lulusan yang berilmu, berbudi pekerti luhur, dan terampil dalam bidang keahlian tertentu", SMK Sunan Giri Menganti bertekad untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya.

Program Keahlian

SMK Sunan Giri Menganti menawarkan berbagai program keahlian yang sesuai dengan tuntutan industri di era globalisasi saat ini. Beberapa program keahlian yang ditawarkan antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
    Program keahlian ini mengajarkan siswa mengenai perakitan, instalasi, dan pengelolaan jaringan komputer. Siswa juga akan mempelajari tentang pemrograman komputer serta penggunaan software terkini yang relevan dengan bidang keahlian ini.

  2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    Program keahlian ini fokus pada pengembangan aplikasi perangkat lunak. Siswa akan diajarkan tentang pemrograman web, database, dan pengelolaan perangkat lunak secara keseluruhan. Dalam program ini, siswa akan diberikan pemahaman tentang proses pengembangan perangkat lunak dari awal hingga implementasinya.

  3. Multimedia
    Program keahlian multimedia mengajarkan siswa tentang desain grafis, pembuatan animasi, dan pengeditan video. Siswa akan dilatih untuk menggunakan software desain dan editing terkini agar dapat menghasilkan karya-karya kreatif dalam bidang multimedia.

  4. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
    Program keahlian ini melatih siswa dalam merawat, memperbaiki, dan memodifikasi kendaraan ringan seperti mobil dan sepeda motor. Siswa akan mempelajari tentang sistem mekanik, elektrikal, dan elektronik kendaraan agar dapat menjadi tenaga kerja yang handal di industri otomotif.

  5. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)
    Program keahlian ini mengajarkan siswa tentang strategi pemasaran, manajemen resiko, dan manajemen keuangan dalam dunia bisnis daring. Siswa akan dilatih untuk mengembangkan keterampilan dalam pemasaran melalui media digital serta memahami konsep bisnis yang berbasis online.

BACA JUGA:   International School di Malang

Sarana dan Prasarana

SMK Sunan Giri Menganti memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  • Kelas yang dilengkapi dengan LCD proyektor dan perangkat penunjang lainnya.
  • Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan software terkini.
  • Laboratorium bahasa yang dilengkapi dengan koleksi buku dan media pembelajaran.
  • Bengkel yang lengkap untuk praktik keahlian di bidang mobil, mekanik, dan teknologi.
  • Perpustakaan yang menyediakan koleksi buku dan referensi yang lengkap.

Kerjasama dengan Industri

SMK Sunan Giri Menganti menjalin kerjasama dengan berbagai industri dan perusahaan sebagai upaya untuk memperkuat relevansi program keahliannya dengan dunia kerja. Kerjasama ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia industri melalui magang maupun kerja praktek. Selain itu, sekolah ini juga sering mengundang praktisi dan ahli di bidang keahlian tertentu untuk memberikan kuliah tamu dan workshop kepada siswa.

Prestasi dan Alumni

SMK Sunan Giri Menganti memiliki catatan prestasi yang membanggakan dalam berbagai kompetisi dan perlombaan baik tingkat regional maupun nasional. Selain itu, lulusan sekolah ini juga telah sukses di dunia kerja dan beberapa di antaranya telah menjadi pengusaha yang memiliki usaha sendiri. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata bahwa pendidikan vokasi di SMK Sunan Giri Menganti memberikan bekal yang kuat bagi siswanya untuk sukses di dunia industri.

Kesimpulan

SMK Sunan Giri Menganti merupakan sekolah menengah kejuruan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan vokasi berkualitas kepada siswanya. Dengan program keahlian yang relevan dengan kebutuhan industri, sarana dan prasarana yang memadai, serta kerjasama dengan industri, sekolah ini berhasil mencetak lulusan-lulusan yang sukses di dunia kerja. Bagi siswa yang berminat mengembangkan keterampilan di bidang keahlian tertentu, SMK Sunan Giri Menganti dapat menjadi pilihan yang tepat.

Also Read

Bagikan: