SMK Strada Jakarta Utara

Elvina Rahimah

SMK Strada Jakarta Utara merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan di Jakarta Utara. Sekolah ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas serta pembekalan keterampilan di bidang kejuruan yang mereka pilih.

Profil Sekolah

SMK Strada Jakarta Utara didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap terjun langsung ke dunia kerja. Sekolah ini memiliki berbagai program kejuruan seperti Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Jaringan, dan banyak lagi. Setiap program kejuruan tersebut memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Sekolah ini dilengkapi dengan fasilitas yang modern, seperti bengkel otomotif yang dilengkapi dengan mesin-mesin terkini, laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru, serta ruang kelas yang nyaman untuk mendukung proses pembelajaran siswa.

Program Kejuruan

SMK Strada Jakarta Utara menawarkan berbagai program kejuruan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Beberapa program kejuruan yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Teknik Otomotif: Program ini mengajarkan siswa tentang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor. Siswa akan mempelajari tentang mesin, sistem kelistrikan, sistem suspensi, dan sistem lainnya yang terkait dengan kendaraan.

  2. Teknik Elektronika: Program ini mengajarkan siswa tentang perakitan dan perbaikan komponen elektronik. Siswa akan mempelajari tentang rangkaian elektronik, pemrograman mikrokontroler, dan teknik perakitan komponen elektronik lainnya.

  3. Teknik Komputer dan Jaringan: Program ini mengajarkan siswa tentang pengelolaan jaringan komputer dan pemeliharaan perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Siswa akan mempelajari tentang instalasi jaringan, teknik pengamatan troubleshooting, dan pengelolaan server.

  4. Teknik Listrik: Program ini mengajarkan siswa tentang pemasangan dan pemeliharaan peralatan listrik. Siswa akan mempelajari tentang konstruksi rangkaian listrik, instalasi listrik, dan troubleshooting masalah listrik.

BACA JUGA:   Les Bahasa Jepang di Bali

Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain program kejuruan, SMK Strada Jakarta Utara juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang membantu siswa untuk mengembangkan potensi non-akademik mereka. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia antara lain:

  • Klub Pencinta Alat Musik: Siswa dapat mengembangkan bakat musik mereka melalui klub ini. Mereka dapat mempelajari berbagai alat musik dan berkolaborasi dengan teman-teman sekelas dalam menghasilkan karya musik.

  • Klub Olahraga: Siswa dapat memilih klub olahraga seperti sepak bola, basket, atau bulu tangkis untuk mengembangkan keterampilan olahraga mereka. Mereka akan berlatih rutin dan berpartisipasi dalam kompetisi sekolah maupun antar sekolah.

Kerjasama dengan Industri

SMK Strada Jakarta Utara menjalin kerjasama dengan berbagai industri dan perusahaan untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa. Siswa akan mengikuti program magang di perusahaan tersebut, sehingga mereka dapat belajar langsung di lingkungan kerja sebenarnya dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka pelajari di sekolah.

Dalam kerjasama ini, SMK Strada Jakarta Utara juga membantu siswa dalam mencari pekerjaan setelah lulus. Mereka memberikan informasi lowongan pekerjaan dan memberikan bimbingan karir kepada siswa untuk membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Kesimpulan

SMK Strada Jakarta Utara merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas serta membekali siswa dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan berbagai program kejuruan dan kerjasama dengan industri, sekolah ini dapat membantu siswa dalam mencapai kesuksesan karir di masa depan.

Also Read

Bagikan: