SMK Nusantara Rantepao

Elvina Rahimah

Sejarah

SMK Nusantara Rantepao adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kota Rantepao, Provinsi Sulawesi Selatan. Sekolah ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan kejuruan kepada para siswa agar siap memasuki dunia kerja. Banyak program keahlian yang disediakan oleh SMK Nusantara Rantepao, seperti teknik mesin, teknik bangunan, teknik komputer, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

SMK Nusantara Rantepao menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

  1. Laboratorium: SMK Nusantara Rantepao memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan yang sesuai dengan program keahlian yang ada. Para siswa dapat menggunakan laboratorium ini untuk praktik langsung sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Ruang Kelas: Setiap kelas di SMK Nusantara Rantepao dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti meja dan kursi yang nyaman, serta papan tulis dan proyektor untuk kegiatan pembelajaran.

  3. Perpustakaan: SMK Nusantara Rantepao menyediakan perpustakaan yang lengkap dengan berbagai buku dan referensi untuk mendukung kegiatan belajar para siswa.

  4. Ruang Komputer: Sekolah ini juga memiliki ruang komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk pembelajaran komputer.

  5. Ruang Keterampilan: Fasilitas ini digunakan untuk melatih dan mengasah keterampilan siswa dalam program keahliannya, seperti keterampilan teknik bangunan atau keterampilan menjahit.

Program Keahlian

SMK Nusantara Rantepao menyediakan berbagai program keahlian yang dapat dipilih oleh para siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Beberapa program keahlian yang tersedia di antaranya adalah:

  1. Teknik Mesin: Program ini mengajarkan siswa tentang pengoperasian, perawatan, dan perbaikan mesin-mesin, baik mesin industri maupun mesin otomotif.

  2. Teknik Bangunan: Program ini mengajarkan siswa tentang pembangunan dan konstruksi bangunan, mulai dari perencanaan, perhitungan struktur, hingga pelaksanaan konstruksi.

  3. Teknik Komputer dan Jaringan: Program ini mengajarkan siswa tentang pemrograman komputer, administrasi jaringan, dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

  4. Akuntansi: Program ini mengajarkan siswa tentang dasar-dasar akuntansi, seperti pembukuan, perpajakan, dan pelaporan keuangan.

  5. Administrasi Perkantoran: Program ini mengajarkan siswa tentang kegiatan administrasi di perkantoran, seperti pengolahan data, kearsipan, dan pengelolaan surat-menyurat.

BACA JUGA:   SDIT Al Ittihad Tebet

Kerjasama dengan Industri

SMK Nusantara Rantepao menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dan industri di sekitar kota Rantepao. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada para siswa sekaligus memperluas wawasan mereka tentang dunia kerja. Para siswa dapat melakukan magang atau praktek kerja di perusahaan mitra sehingga mereka bisa langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus.

Prestasi

SMK Nusantara Rantepao telah meraih berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa prestasi yang telah diraih antara lain juara dalam lomba kejuruan, menjadi sekolah rujukan di bidang teknologi, dan masih banyak lagi.

Sarana dan Prasarana

SMK Nusantara Rantepao memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Selain fasilitas yang sudah disebutkan sebelumnya, sekolah ini juga dilengkapi dengan kantin, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan lain-lain.

Rekrutmen Siswa Baru

Setiap tahun, SMK Nusantara Rantepao membuka pendaftaran untuk siswa baru. Calon siswa dapat mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh sekolah. Para siswa yang diterima akan mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan kejuruan yang berkualitas di SMK Nusantara Rantepao.

Also Read

Bagikan: