SMAN 3 Lengayang

Clara Hassanah

SMAN 3 Lengayang adalah sebuah sekolah menengah atas yang terletak di Lengayang, sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Sekolah ini memiliki sejarah yang panjang dan telah berkontribusi dalam bidang pendidikan di daerah tersebut.

Sejarah

SMAN 3 Lengayang didirikan pada tanggal 4 September 1985. Awalnya, sekolah ini bernama SMU Negeri Lengayang dan berlokasi di Jl. Raya Lintas Barat, Lengayang. Pada tahun 2003, sekolah ini berganti nama menjadi SMA Negeri 3 Lengayang sesuai dengan perubahan sistem pendidikan di Indonesia.

Fasilitas

SMAN 3 Lengayang memiliki berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan siswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki antara lain:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang modern.
  2. Perpustakaan yang menyediakan berbagai buku referensi dan media pembelajaran.
  3. Laboratorium sains yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan praktikum yang lengkap.
  4. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan komputer dan jaringan internet.
  5. Ruang multimedia yang digunakan untuk presentasi dan kegiatan ekstrakurikuler.
  6. Lapangan olahraga yang digunakan untuk kegiatan fisik dan olahraga siswa.
  7. Aula sekolah yang digunakan untuk kegiatan seremonial dan acara penting lainnya.

Kurikulum

SMAN 3 Lengayang menerapkan Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum ini mengintegrasikan berbagai kompetensi dasar yang mencakup mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan.

Sekolah ini juga memiliki berbagai program ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat siswa di berbagai bidang. Beberapa program ekstrakurikuler yang tersedia antara lain:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Sepak bola
  4. Basket
  5. Voli
  6. Paduan suara
  7. Tari tradisional
  8. dll.
BACA JUGA:   Download Huruf Hijaiyah Tunggal

Prestasi

SMAN 3 Lengayang telah meraih berbagai prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Prestasi yang diraih antara lain dalam bidang akademik, olahraga, dan seni. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh siswa SMAN 3 Lengayang antara lain:

  1. Juara 1 Lomba Matematika tingkat Provinsi Sumatera Barat.
  2. Juara 2 Lomba Robotik tingkat Nasional.
  3. Juara 3 Lomba Bulu Tangkis tingkat Kabupaten.
  4. dll.

Sarana Transportasi

SMAN 3 Lengayang dapat diakses dengan berbagai sarana transportasi. Beberapa sarana transportasi yang dapat digunakan antara lain:

  • Angkutan Umum: Terdapat angkutan umum seperti angkot dan bus yang dapat mengantar siswa menuju sekolah.
  • Motor pribadi: Banyak siswa yang menggunakan motor pribadi sebagai sarana transportasi menuju sekolah.
  • Sepeda: Siswa yang tinggal dekat dengan sekolah dapat menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.

Lingkungan Sekitar

SMAN 3 Lengayang terletak di daerah yang memiliki lingkungan yang indah dan alam yang masih asri. Sekitar sekolah terdapat perbukitan, pantai, dan hutan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa dan warga sekitar. Lingkungan yang indah ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan alam dan kegiatan lingkungan.

Hubungan dengan Masyarakat

SMAN 3 Lengayang memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Sekolah ini sering melakukan kegiatan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti instansi pemerintah, perusahaan, dan lembaga non-pemerintah. Contohnya, sekolah ini kerap melakukan program bakti sosial, mengadakan seminar atau workshop, serta menjalin kerjasama dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan.

Kesimpulan

SMAN 3 Lengayang adalah sebuah sekolah menengah atas yang memiliki sejarah panjang dan reputasi yang baik di daerah Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dengan fasilitas yang lengkap, kurikulum yang berkualitas, serta prestasi yang gemilang, sekolah ini berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya dan menghasilkan generasi yang tangguh dan berprestasi.

Also Read

Bagikan: