SMAN 1 Jogorogo

Clara Hassanah

SMAN 1 Jogorogo, juga dikenal sebagai Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jogorogo, adalah sebuah sekolah menengah atas yang terletak di desa Jogorogo, kecamatan Ngawi, Jawa Timur. Sekolah ini didirikan pada tahun 1980 dan telah menjadi salah satu SMA favorit di daerah tersebut.

Fasilitas

SMAN 1 Jogorogo memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar serta kegiatan ekstrakurikuler siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Ruang kelas yang dilengkapi dengan peralatan pembelajaran modern dan nyaman bagi siswa.

  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam, termasuk buku-buku pelajaran, referensi, dan literatur umum. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan akses internet untuk memfasilitasi penelitian siswa.

  3. Laboratorium IPA yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan praktikum yang memadai, sehingga siswa dapat melakukan percobaan dan penelitian secara langsung.

  4. Ruang komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru. Ruang ini digunakan untuk pembelajaran komputer serta pelatihan teknologi informasi bagi siswa.

  5. Aula serbaguna yang digunakan untuk kegiatan rapat, seminar, dan acara sekolah lainnya. Aula ini dilengkapi dengan sound system dan proyektor untuk mendukung presentasi audio visual.

  6. Lapangan olahraga yang luas, lengkap dengan sarana dan prasarana untuk sepak bola, voli, basket, dan atletik. Lapangan ini menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler dan latihan olahraga siswa.

Kurikulum

SMAN 1 Jogorogo mengadopsi kurikulum 2013 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.

Adapun mata pelajaran yang diajarkan meliputi mata pelajaran wajib dan pilihan. Mata pelajaran wajib meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP). Sedangkan mata pelajaran pilihan disesuaikan dengan minat dan bakat siswa, seperti seni budaya, olahraga, dan ilmu eksakta.

BACA JUGA:   Sejarah SMKN 1 Sawit Boyolali

Prestasi

SMAN 1 Jogorogo telah meraih berbagai prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Beberapa prestasi yang telah diraih antara lain:

  1. Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Jawa Timur.

  2. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat IPA tingkat Nasional.

  3. Juara 2 Lomba Seni Tari Tradisional tingkat Regional.

  4. Juara 1 Lomba Futsal tingkat Sekolah se-Kabupaten Ngawi.

Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan dedikasi dan kerja keras siswa serta dukungan dari para guru dan staf sekolah dalam mengembangkan potensi siswa di berbagai bidang.

Ekstrakurikuler

SMAN 1 Jogorogo memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Beberapa ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Palang Merah Remaja (PMR) – kegiatan kemanusiaan dan pertolongan pertama.

  2. English Club – kegiatan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris.

  3. Marching Band – kegiatan pengembangan musik dan seni pertunjukan.

  4. Pramuka – kegiatan kepramukaan dan pendidikan karakter.

  5. Basket – kegiatan olahraga bola basket.

  6. Teater – kegiatan seni peran dan teater.

Dengan kegiatan ekstrakurikuler ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan kreatif, kepemimpinan, kerjasama tim, dan berbagai nilai positif lainnya.

SMAN 1 Jogorogo telah menjadi lembaga pendidikan yang terkemuka di daerah tersebut, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dukungan dari para guru, staf, dan orang tua siswa sangat berperan dalam kesuksesan sekolah ini.

Also Read

Bagikan: