Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Furqon Bantarkawung

Padma Astuti

SMK Al Furqon Bantarkawung adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang terletak di Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sekolah ini menawarkan berbagai program keahlian yang dapat dipilih oleh para siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Program Keahlian

SMK Al Furqon Bantarkawung menyediakan beberapa program keahlian yang dapat diikuti oleh siswa, antara lain:

  1. Teknik Komputer Jaringan (TKJ): Program ini menekankan pada pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola jaringan komputer, mulai dari instalasi, perawatan, hingga pemecahan masalah.

  2. Teknik Otomasi Industri (TOI): Program ini mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang otomasi industri, meliputi pemrograman PLC, perancangan sistem kontrol, dan perawatan mesin industri.

  3. Desain Grafis (DG): Program ini fokus pada pengembangan keterampilan dalam mendesain berbagai media visual, seperti brosur, poster, logo, dan website.

  4. Farmasi: Program ini mengajarkan siswa tentang berbagai aspek yang terkait dengan industri farmasi, termasuk pengenalan bahan obat, pengemasan, dan penanganan obat yang benar.

  5. Bisnis Daring: Program ini menyiapkan siswa dalam mengelola bisnis secara online, mulai dari perencanaan, pemasaran, hingga manajemen bisnis menggunakan teknologi informasi.

Fasilitas

SMK Al Furqon Bantarkawung menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, di antaranya:

  1. Laboratorium Komputer: Dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru yang membantu siswa dalam mempelajari dan menguji aplikasi-aplikasi komputer.

  2. Laboratorium Praktik: Terdapat laboratorium praktik untuk masing-masing program keahlian, seperti laboratorium jaringan komputer, laboratorium desain grafis, dan laboratorium otomasi industri.

  3. Perpustakaan: Perpustakaan sekolah menyediakan beragam koleksi buku, jurnal, dan referensi lainnya yang dapat menjadi sumber belajar siswa.

  4. Ruang Kelas yang Nyaman: Semua ruang kelas dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar.

  5. Area Olahraga: Sekolah juga memiliki sarana olahraga, seperti lapangan sepak bola, basket, dan voli, yang digunakan untuk melengkapi kegiatan ekstrakurikuler siswa.

BACA JUGA:   Ponpes di Palembang

Prestasi

SMK Al Furqon Bantarkawung memiliki track record prestasi yang membanggakan, baik di tingkat regional maupun nasional. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SMK Al Furqon Bantarkawung antara lain:

  • Juara 1 Lomba Desain Grafis Tingkat Nasional
  • Juara 2 Lomba Teknik Komputer Jaringan Tingkat Regional
  • Juara 3 Lomba Otomasi Industri Tingkat Nasional

Alumni

Banyak alumni SMK Al Furqon Bantarkawung yang telah sukses dalam karir mereka setelah lulus dari sekolah ini. Beberapa di antaranya telah bekerja di perusahaan terkemuka dan mendirikan usaha sendiri.

Kesimpulan

SMK Al Furqon Bantarkawung merupakan sekolah menengah kejuruan yang sangat terkenal dengan program-program keahlian yang berkualitas. Sekolah ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas, tetapi juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran siswa. Prestasi siswa-siswi dan kesuksesan alumni sekolah ini juga menjadi bukti dari kualitas pendidikan yang diberikan oleh SMK Al Furqon Bantarkawung.

Also Read

Bagikan: