SMK 28 Petanahan

Darma Kai

SMK 28 Petanahan adalah sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) yang terletak di Petanahan, Jawa Tengah. Sekolah ini terkenal karena menyediakan berbagai program kejuruan yang berkualitas dan memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran siswa.

Program Kejuruan

SMK 28 Petanahan menawarkan berbagai program kejuruan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Beberapa program kejuruan yang tersedia di SMK 28 Petanahan antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan: Program ini memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola jaringan komputer, pemrograman, serta perawatan dan perbaikan hardware komputer.

  2. Teknik Otomotif: Program ini mengajarkan siswa tentang perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor. Siswa akan belajar tentang mesin, sistem kelistrikan, dan sistem suspensi.

  3. Teknik Elektronika Industri: Program ini mengajarkan siswa tentang perakitan, instalasi, dan perbaikan peralatan elektronik industri, seperti mesin pengolah makanan, mesin pengemas, dan sistem kontrol otomatis.

  4. Teknik Pengelasan: Program ini melatih siswa dalam keterampilan pengelasan logam dengan menggunakan teknik yang tepat. Mereka akan mempelajari berbagai jenis pengelasan, seperti pengelasan listrik, gas, dan argon.

Fasilitas

SMK 28 Petanahan juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Laboratorium: Setiap program kejuruan di SMK 28 Petanahan dilengkapi dengan laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan dan instrumen terkini. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di kelas.

  2. Bengkel: Program kejuruan seperti Teknik Otomotif dan Teknik Pengelasan dilengkapi dengan bengkel yang dilengkapi dengan peralatan dan mesin yang diperlukan untuk latihan praktik siswa.

  3. Perpustakaan: SMK 28 Petanahan memiliki perpustakaan yang berisi berbagai jenis buku dan referensi terkait dengan program kejuruan yang ditawarkan. Siswa dapat menggunakan perpustakaan ini untuk memperdalam pengetahuan mereka di luar jam pelajaran.

  4. Ruang Kelas yang Nyaman: Setiap ruang kelas di SMK 28 Petanahan dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman serta fasilitas proyektor untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif.

BACA JUGA:   Sekolah Dasar Negeri 3 Mangkubumi

Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain program kejuruan yang berkualitas, SMK 28 Petanahan juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di berbagai bidang. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Klub Pengembangan Diri: Siswa dapat bergabung dengan klub pengembangan diri, seperti debat, jurnalistik, atau English club untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, menulis artikel, atau kemampuan berbahasa Inggris.

  2. Klub Olahraga: SMK 28 Petanahan memiliki klub olahraga yang meliputi berbagai cabang olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, atau voli. Siswa dapat mengembangkan kemampuan dan semangat kompetitif melalui partisipasi dalam klub ini.

  3. Sanggar Seni: Bagi siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang seni, mereka dapat bergabung dengan sanggar seni yang menyediakan pelatihan tari, musik, seni lukis, dan lain sebagainya.

  4. Pramuka: SMK 28 Petanahan juga memiliki kelompok pramuka yang mengajarkan siswa tentang kegiatan kepramukaan, seperti kemah, pertolongan pertama, dan kegiatan alam lainnya.

Kerjasama dengan Industri

SMK 28 Petanahan menjalin kerjasama dengan berbagai industri dan perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung dan memperluas jaringan profesional mereka. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kerangka kerjasama ini antara lain:

  1. Praktek Kerja Industri (PRAKERIN): Siswa SMK 28 Petanahan memiliki kesempatan untuk melaksanakan PRAKERIN di berbagai industri terkait dengan program kejuruan yang mereka ambil. Hal ini memberikan mereka pengalaman langsung dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di sekolah.

  2. Magang: Sekolah ini juga menyediakan program magang di beberapa perusahaan sebagai pendekatan pembelajaran nyata. Selama magang, siswa akan mendapatkan panduan langsung dari para profesional di bidang yang berkaitan.

  3. Kunjungan Industri: SMK 28 Petanahan juga mengorganisir kunjungan industri yang memungkinkan siswa untuk melihat langsung proses produksi maupun pekerjaan di industri terkait.

BACA JUGA:   Les Calistung di Depok

Kesimpulan

SMK 28 Petanahan adalah sekolah menengah kejuruan yang menyediakan program kejuruan berkualitas dan fasilitas yang memadai. Selain itu, sekolah ini juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler dan peluang kerjasama dengan industri untuk memberikan pengalaman kerja langsung kepada siswa. Hal ini menjadikan SMK 28 Petanahan sebagai salah satu pilihan yang baik bagi siswa yang ingin mengembangkan keterampilan praktis dan siap kerja setelah lulus.

Also Read

Bagikan: