SDN Sawotratap 1

Clara Hassanah

SDN Sawotratap 1 adalah sebuah sekolah dasar di daerah Sawotratap. Sekolah ini berlokasi di jalan Raya Sawotratap, Desa Sawotratap, Kecamatan Sawotratap, Kabupaten X.

Sejarah

SDN Sawotratap 1 didirikan pada tahun 1985 dengan tujuan memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak di sekitar wilayah Sawotratap. Pendirian sekolah ini merupakan upaya dari pemerintah setempat untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat di daerah tersebut.

Fasilitas

SDN Sawotratap 1 memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan meja dan kursi untuk siswa.
  2. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan peralatan komputer modern.
  3. Perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku dan referensi bagi siswa.
  4. Lapangan olahraga yang luas untuk kegiatan fisik dan olahraga.
  5. Ruang guru dan ruang kepala sekolah yang dilengkapi dengan peralatan administrasi.
  6. Ruang serbaguna yang digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler dan acara sekolah lainnya.

Kurikulum

SDN Sawotratap 1 menerapkan Kurikulum 2013 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik melalui pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah ini antara lain:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
  5. Bahasa Inggris
  6. Seni dan Budaya
  7. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  8. Agama

Prestasi

Meskipun berlokasi di daerah pedesaan, SDN Sawotratap 1 telah mencatat beberapa prestasi yang membanggakan. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh siswa-siswi sekolah ini antara lain:

  1. Juara 1 Lomba Cerdas Cermat tingkat Kabupaten X pada tahun 2019.
  2. Juara 3 Lomba Matematika tingkat Provinsi pada tahun 2020.
  3. Juara Harapan Lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat Nasional pada tahun 2018.
  4. Juara 2 Lomba Menulis Puisi tingkat Kecamatan pada tahun 2017.
BACA JUGA:   Informasi tentang Logo SMKN 49 Jakarta

Kegiatan Ekstrakurikuler

SDN Sawotratap 1 juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang berguna untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang non-akademik. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini antara lain:

  1. Pramuka
  2. Paduan Suara
  3. Bulu Tangkis
  4. PMR (Palang Merah Remaja)
  5. Tari Tradisional
  6. Sepak Bola

Hubungan dengan Masyarakat

SDN Sawotratap 1 memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Sekolah ini sering mengadakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat, seperti acara bakti sosial, kegiatan gotong-royong, dan upacara peringatan hari besar nasional.

Sarana Transportasi

Sekolah ini terletak di daerah yang terjangkau oleh sarana transportasi umum. Siswa-siswi yang tinggal jauh dari sekolah dapat menggunakan angkutan umum seperti bus, ojek online, atau kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi.

Kesimpulan

SDN Sawotratap 1 merupakan sekolah dasar yang memiliki sejarah panjang dan telah memberikan kontribusi yang baik dalam pendidikan di daerah Sawotratap. Dengan fasilitas yang memadai, kurikulum yang berkualitas, prestasi yang mencemerkan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, sekolah ini menjadi pilihan yang tepat bagi anak-anak di daerah tersebut untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Also Read

Bagikan: